Edu  

USK Masuk Empat Besar PTN dengan Capaian IKU Terbaik Nasional

Foto: dok USK

Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala berhasil masuk empat besar Perguruan Tinggi dengan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terbaik nasional dalam jajaran Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng kepada Rektor USK Prof. Dr. Ir.  Marwan pada kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Triwulan II Tahun 2023 di Hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat 21 Juli 2023

Dalam kegiatan tersebut diinformasikan, USK berhasil meraih prestasi sebagai Top 10% Perguruan Tinggi Negeri dengan capaian IKU tahun 2022, yaitu saat USK masih berstatus PTN-BLU.

Baca Juga:   Kabar Gembira! USK Turunkan Biaya Kuliah Hingga 31 Persen

USK masuk empat besar bersama  tiga PTN lainnya yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Posisi USK ini jauh melampaui prestasi pada tahun sebelumnya yaitu hanya menempati posisi 17.

Oleh sebab itu, seusai menerima penghargaan tersebut, Rektor yang turut didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan dan Bisnis Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng mengatakan, dirinya sangat bersyukur sekaligus bangga atas prestasi yang diraih USK ini.

Selain itu, pada forum tersebut USK juga berhasil meraih hibah dana abadi Perguruan Tinggi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk kampus dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.  Hal ini ditandai dengan penandatanganan Dokumen Kontrak Dana Abadi PT PTN-BH oleh Rektor

Baca Juga:   Bripda Dolly, Alumni Dayah IQ Juara Hifdzil Qur'an se-Asia Tenggara

Adapun terkait dana abadi LPDP tersebut, Rektor menilai hal tersebut merupakan bukti bahwa reputasi USK saat ini telah berkembang dengan sangat baik dalam jajaran perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Untuk itulah, Rektor mengharapkan dukungan semua pihak khususnya masyarakat Aceh, agar USK bisa terus memperluas kiprahnya dalam mewujudkan mutu pendidikan yang lebih baik dengan statusnya sebagai PTN BH saat ini.

Baca Juga:   3 Alumni Dayah Insan Qurani Raih Penghargaan Pemerintah Aceh

“Alhamdulillah, capaian serta prestasi ini adalah bukti bahwa USK terus berkembang. Karena itulah, dengan status USK sebagai PTN BH saat ini kita akan terus bekerja keras untuk mengembangkan potensi yang ada dalam mendorong mutu pendidikan di kampus ini,” ucap Rektor.