Edu  

Jangan Lewatkan, Warga Aceh Malam ini Bisa Saksikan Super Blue Moon

Foto: dok Kemenag Aceh

Banda Aceh – Super Blue Moon pada saat purnama di akhir Agustus ini menjadi yang paling terang sepanjang purnama di tahun 2023 ini.

“Malam ini 31 Agustus 2023 pukul 20.35 WIB adalah waktu terbaik untuk menyaksikan purnama yang disebut dengan Super Blue Moon,” kata Ketua Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, Kamis (31/8/2023).

Menurutnya fenomena Blue Moon akan berjarak 222.043mil atau setara 357.344Km dari Bumi. “Karena jaraknya dekat dengan bumi menyebabkan bulan terlihat lebih besar dari biasanya,” tambah Alfirdaus.

Purnama yang disebut Super Moon terjadi karena posisi bulan yang sedikit lebih dekat dengan bumi dan membuatnya lebih besar dan terang.

Baca Juga:   Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Digital Marketing 

“Penyebabnya adalah akibat orbit bulan kepada bumi yang tidak sempurna. Super moon memiliki kecerahan 30 persen lebih terang. Dari ukurannya 14% lebih besar dari bulan purnama biasanya,” jelas Alfirdaus.

Untuk penamaan Blue Moon sendiri bukan merujuk pada warna bulan yang akan berwarna biru. Istilah Blue Moon berarti bulan purnama terjadi sebanyak dua kali dalam satu bulan.

“Siklus bulan yang hanya 29,5 hari membuat kita bisa menyaksikan bulan purnama sebanyak dua kali per bulan. Sama seperti yang terjadi pada bulan Agustus ini, bulan purnama terjadi di tanggal 1 Agustus yang lalu dan terjadi lagi di tanggal 31 Agustus, malam ini,” terang Alfirdaus.

Baca Juga:   Ratusan Pelajar di Banda Aceh Antusias Ikut Sosialisasi Kekayaan Intelektual 

Adapun fenomena yang terjadi malam ini, menurut Alfirdaus adalah, super moon yang terjadi di saat yang sama dengan blue moon terjadi, sehingga disebut dengan Super Blue Moon.

Fenemone super blue moon ini tidak membutuhkan alat optik seperti teleskop untuk menyaksikannya.

Bagi yang tertarik untuk menyaksikan fenomena Super Blue Moon ini, masyarakat hanya perlu mengalihkan mata ke langit mengarah ke bulan, dan akan terlihat bulan purnama lebih besar dari purnama biasanya.

Hal menarik lainnya, menurut Alfirdaus di samping Super Blue Moon, malam ini terdapat planet Saturnus yang juga sedang bercahaya terang.

Baca Juga:   Siswi SMAN 1 Takengon Sabet Medali Emas di Korsel, ini Sosoknya

Blue Moon relatif sering terjadi. Secara astronomis, Blue Moon terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali. Adapun Blue Moon terakhir terjadi pada Agustus 2021 dan bulan purnama Blue Moon berikutnya akan terlihat lagi pada Agustus 2024.