Edu  

4 Santri Dayah IQ Lulus Beasiswa Berprestasi, ini Nama dan Tempat Kuliahnya

Santri dapat beasiswa
Foto: istimewa

Banda Aceh – Sebanyak empat santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar terpilih sebagai penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2023. Keempatnya adalah Shalha Rahmatina, Neisya Shabina, Jashima Fitariya, dan Rezkina Mariyati.

Penetapan kelulusan PBSB tersebut tertuang dalam surat pengumuman Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor Nomor : B-3366/Dt.I.V/HM.00/08/202 tanggal 7 Agustus 2023.

Mereka terpilih setelah melewati serangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag pusat bersama dengan para alumni PBSB sebelumnya yang tergabung dalam CSSMoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs). Dari 2.782 orang peserta yang mendaftar, hanya 1.135 orang saja yang lulus hingga tahap akhir dan dinyatakan berhak menjadi penerima program beasiswa tersebut.

Baca Juga:   Ratusan Pelajar di Banda Aceh Antusias Ikut Sosialisasi Kekayaan Intelektual 

Baca juga: Selamat! Santri Ruhul Qurani Raih Emas di Ajang Pencat Silat

Keempatnya lulus pada fakultas dan kampus yang berbeda sesuai pilihan masing-masing saat mendaftar di tahap pemberkasan. Neisya Shabina lulus pada program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, kemudian Jashima Fitariya lulus pada program studi Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Sedangkan Shalha Rahmatina dan Rezkina Mariyati lulus pada program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Program PBSB sendiri merupakan program tahunan Kemenag pusat yang bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan dikhususkan bagi para santri seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Program ini bertujuan untuk mencetak para santri unggulan yang selain menguasai ilmu keagamaan dengan baik tapi juga merupakan seorang akademisi yang handal.

Baca Juga:   Dayah Insan Qurani Gelar Pekan Kreativitas Santri Berbahasa Asing

Baca juga: Bripda Dolly, Alumni Dayah IQ Juara Hifdzil Qur’an se-Asia Tenggara

Pimpinan Dayah Insan Qurani, ust. Muzakkir bersyukur tahun ini santri IQ kembali berhasil meraih beasiswa tersebut. Ia juga merasa bangga dan terharu atas pencapaian mereka.

“Alhamdulillah, alfu mabrouk untuk anak anak kami, selamat dan sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” ujar Ustaz Muzakkir, Rabu (9/8/2023).

“Tidak mudah menembus beasiswa PBSB ini, karena seluruh santri terbaik dari berbagi penjuru negeri ini bersaing untuk bisa mendapatkan beasiswa bergengsi ini. Artinya, anak-anak kita yang lulus ini diakui secara nasional termasuk di antara santri terbaik di Indonesia. Selamat kepada anak-anak kami. Doa dan ridha kami menyertai ananda semua,” lanjutnya.

Baca Juga:   UIN Ar-Raniry Wisuda 1.635 Lulusan Termasuk Mahasiswa Asing

Ia berharap keberhasilan ini menjadi motivasi bagi adik adik santri dalam menuntut ilmu.

Sebelumnya, tiga alumni Insan Qur’ani telah lebih dahulu lulus program PBSB Kemenag tahun 2022 dan kini sedang melanjutkan studinya di kampus masing-masing.