Edu  

UIN Ar-Raniry Borong 15 Medali di PKM Jambi

Kontingen UIN Ar-Raniry ikut PKM
Foto: dok UIN Ar-Raniry

Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meraih juara umum keempat dalam ajang kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara yang berlangsung di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tanggal 24-29 Juli 2023.

Dalam ajang kompetensi dua tahunan ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih 15 medali dengan rincian 7 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Medali emas diperoleh dari cabang lomba Monolog Beregu, Debat Bahasa Arab (DBA) Beregu, Kaligrafi Lukis Putri, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) Putra dan Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) kategori 10 Juz Putra, 20 Juz Putra dan 30 Juz Putra.

Kemudian tiga medali perak dari cabang lomba Tenis Meja Tungal Putri, Catur Klasik Putra dan Taekwondo Tunggal Putra. Untuk perunggu diperoleh melalui cabang Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 20 Juz Putri, Karate Tunggal Putra, Pencak Silat Tunggal Putri, Debat Bahasa Inggris (DBI) Beregu dan Taekwondo Tunggal Putri.

Selain berhasil meraih medali, sejumlah kontingen juga berhasil meraih juara harapan pertama di cabang lomba karya tulis ilmiah (KTI) Ilmu Sosial, Musabaqah Fahmil Quran, Kaligrafi Naskah Putra, Debat Konstitusi, Film Pendek, Takraw, Panjat Dinding dan Tenis Meja Putra. Kemudian cabang Tilawah Putra meraih harapan kedua dan terakhir di cabang lomba bisnis plan kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh meraih juara harapan III.

Baca juga: Bripda Dolly, Alumni Dayah IQ Juara Hifdzil Qur’an se-Asia Tenggara

Baca Juga:   Rektor UIN Ar-Raniry Optimis Raih Hasil Maksimal di PKM 3 Jambi

Pelaksanaan PKM III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara yang berlangsung di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kasi Kemahasiswaan DIKTIS Kementerian Agama RI Amiruddin Kuba, Sabtu (29/7) malam.

Dalam sambutannya, Amiruddin Kuba mengatakan di bidang kemahasiswaan PTKI seluruh Indonesia kita memiliki berbagai kegiatan mulai level lokal, regional dan tingkat nasional seperti yang telah diselenggarakan belum lama ini yaitu OASE di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi karena ini pertama kalinya kegiatan level regional namun berhasil mengundang PTI se-Asia Tenggara sehingga atmosfer even ini seperti even internasional,” ujar Amiruddin Kuba di Auditorium Chatib Quzwain, Sabtu (29/7) malam.

Mewakili Dirjen Pendis Kemenag RI, Amiruddin mengucapkan selamat kepada para pemenang pada ajang kompetisi Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara.

“Selamat atas keberhasilan UIN Jambi menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan PKM III dan saya menantang UIN Jambi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan PESONA pada tahun depan,” ungkapnya.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg menyampaikan apresiasi atas keberhasilan kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh meraih juara umum keempat dalam ajang PKM III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara di UIN STS Jambi.

Baca juga: Rektor UIN Ar-Raniry Optimis Raih Hasil Maksimal di PKM 3 Jambi

Baca Juga:   UTU Gelar Festival Bahasa 2024, Puluhan Mahasiswa Mendaftar

Mujib mengaku bangga atas percapaian yang diraih kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada PKM III Jambi kali ini. Menurutnya ini adalah hasil kolaborasi yang patut diapresiasi.

“Terima kasih kepada Wakil Rektor III, ketua kontingen, para official dan kontingen yang telah mengharumkan Aceh dan UIN Ar-Raniry secara khusus di kancah nasional. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pembimbing, pelatih yang telah membimbing dan memotivasi mahasiswa hingga meraih hasil yang membanggakan kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mujib berharap agar prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan khususnya para kontingen untuk untuk terus belajar dan mengasah kemampuan diri. “Semoga prestasi yang diraih pada ajang ini menjadi pemicu untuk mereka agar terus berprestasi. Bagi yang belum berhasil, perlu kesabaran dan kerja keras sembari meningkatkan kemampuan di masa yang akan datang,” ungkap Mujib.

Sebagai informasi, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Se-Sumatera dan Se-Asia Tenggara tahun 2023, UIN STS Jambi berhasil meraih peringkat pertama sekaligus menjadi juara umum dengan perolehan medali 20 emas, 21 perak dan 8 perunggu.

Disusul di peringkat kedua UIN Raden Intan Lampung dengan 9 emas, 14 perak dan 6 perunggu dan di peringkat ketiga diraih oleh UIN Sultan Syarif Qasim Riau dengan 8 emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Pada PKM III Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara di UIN STS Jambi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih 7 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu dengan rincian sebagai berikut :

Baca Juga:   UIN Ar-Raniry Perpanjang Pembayaran UKT Bagi Mahasiswa Telat Bayar

Medali Emas

1. Monolog Beregu (Ismatul Rahmi, R. Aulia Vischar, Machfud Ridha dan Rifqah Basyirah).

2. Debat Bahasa Arab Beregu (Ade Hafizh dan Muhammad Hisbullah)

3. Kaligrafi Lukis Putri (Ahsanu Amala)

4. Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) Putra (Marjanul Hayat)

5. Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 10 Juz Putra (Uli Satria)

6. Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 20 Juz Putra (Dolly Isma Indra)

7. Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 30 Juz Putra (Misbahul Munawar)

Medali Perak

1. Tenis Meja Tungal Putri (Raihan)

2. Catur Klasik Putra (Rezi Firnanda)

3. Taekwondo Tunggal Putra (Teuku Ryanda Kautsar)

Medali Perunggu

1. Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 20 Juz Putri (Khalista Mufida S)

2. Karate Tunggal Putra (Muhammad Muhazir)

3. Pencak Silat Tunggal Putri (Ramadhan Fitriani)

4. Debat Bahasa Inggris Beregu (Salsabila Khalisa dan Latifanny Yulanar)

5. Taekwondo Tunggal Putri (Nurul Sadrina Aditia)