Edu  

BAN-PT Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi UIN Ar-Raniry

Asesmen UIN Ar-Raniry
Foto: UIN Ar-Raniry

Banda Aceh – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan terhadap Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (21/10/2023).

Tim Asesor yang ditugaskan BAN-PT yakni Prof Dr Ahmad Thib Raya MA BA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof Dr Angkasa SH, MHum (Universitas Jenderal Soedirman), Prof Dr Syamsun Niam MAg (IAIN Tulungagung), Prof Dr Andi Sularso SE MS (Universitas Jember) dan Dr Ahmad Yani Anshori MAg (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Kehadiran para asesor disambut langsung Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg beserta para pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh di Auditorium Prof Ali Hasymi kampus tersebut.

Baca juga: Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Digital Marketing 

Pada pembukaan asesmen lapangan turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami Hamzah dan unsur Forkopimda Aceh, Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, Wakil Rektor III USK Prof Dr Mustanir MSc, Direktur Utama Bank Aceh Syariah (BAS) Muhammad Syah, Regional CEO BSI Aceh Wisnu Sunandar, Ketua dan Sekjend Korps Alumni UIN Ar-Raniry (Koniry) beserta sejumlah alumni UIN Ar-Raniry yang saat ini menjadi anggota DPRA.

Baca Juga:   Rektor UIN Ar-Raniry Optimis Raih Hasil Maksimal di PKM 3 Jambi

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami Hamzah menyebutkan bahwa UIN Ar-Raniry Banda Aceh merupakan institusi pendidikan tinggi terkemuka di Aceh, yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Bustami menyakini, lima sampai tiga tahun terakhir, UIN Ar-Raniry Banda Aceh sudah banyak berbenah. Komunikasi yang dibangun dengan pimpinan daerah juga sangat intens dan berkelanjutan.

“Kerjasama dan kolaborasi dengan kami di Forkopimda Aceh juga selalu dibangun dengan semangat untuk tidak hanya menjadikan pendidikan tinggi Aceh juga selalu dibangun dengan semangat untuk tidak hanya menjadikan pendidikan tinggi Aceh menjadi lebih unggul, tetapi menjadi referensi bagi kampus lain di Indonesia serta bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Sekda Aceh Bustami dalam sambutannya saat membuka asesmen lapangan AIPT UIN Ar-Raniry.

Baca juga: Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Digital Marketing 

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg mengucapkan selamat datang para Asesor BAN-PT di UIN Ar-Raniry Kampus Energi Kebangsaan, Sinergi Membangun Negeri.

Baca Juga:   IAIN Takengon Gagas Aplikasi SIBARDI Agar Mudah Kelola Barang Persediaan

Pada kesempatan tersebut, Prof Mujib menyampaikan beberapa pencapaian dan tonggak penting yang telah dicapai institusi ini selama tiga tahun terakhir sebagai jihad akademik menuju keunggulan yang dilakukan secara kolektif, berkat dedikasi, kerja keras dan kerja cerdas para pimpinan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan dukungan terus menerus dari para pemangku kepentingan dan kemitraan baik pada level lokal, nasional maupun international.

“Selama tiga tahun terakhir, UIN Ar-Raniry terus berbenah dan berkomitmen terhadap keunggulan akademik, peningkatan kapasitas SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengembangan sarana prasarana penunjang pendidikan,” ujar Prof Mujib.

Lebih lanjut, Prof Mujib menambahkan bahwa UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga terus berbenah dalam peningkatan tri dharma perguruan tinggi yang terukur, konsisten, bermutu dan berkelanjutan, peningkatan layanan akademik dan administrasi untuk menghasilkan lulusan yang berintegritas dan unggul.

Kemudian pengembangan dan partisipasi alumni yang tinggi, serta peningkatan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan, lembaga pemerintah dan swasta di tingkat lokal, nasional dan international.

“Kesemua ikhtiar dan jihat akademik tersebut dilakukan tidak lain untuk mencapai kualitas akademik terbaik dan peringkat university yang unggul di usia yang tua ini, Karena UIN Ar-Raniry pada Milad tgl 5 Oktober 2023 genap berusia 60 tahun,” tegasnya.

Baca Juga:   Jangan Lewatkan, Warga Aceh Malam ini Bisa Saksikan Super Blue Moon

Sementara itu, Prof Dr Ahmad Thib Raya MA BA selaku ketua tim Asesor menyampaikan terima kasih atas sambutan yang dilakukan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh beserta jajarannya. Ia berharap kegiatan asesmen lapangan tersebut bisa membawa hasil yang baik bagi kampus tersebut.

“Asesmen lapangan ini merupakan proses konfirmasi dokumen dan data yang disampaikan dalam borang dengan realitas yang ada di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil laporan nantinya akan menjadi pertimbangan bagi BAN-PT untuk menilai akreditasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” terang Prof Ahmad Thib Raya.