Edu  

FMIPA USK Gandeng Diskominsa Aceh untuk Perkuat Teknologi Informasi dan Komunikasi

FMIPA USK gandeng Diskominsa
Foto: USK

Banda Aceh – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Persandian Aceh (Diskominsa) melalui perjanjian kerja sama (PKS) untuk memperkuat teknologi informasi dan komunikasi.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Dekan FMIPA USK Prof Taufik Fuadi Abidin bersama dengan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Marwan Nusuf di Ruang Rapat Senat FMIPA USK, Rabu (24/1/2024)

Ruang lingkup Perjanjian kerja sama ini meliputi kegiatan pembelajaran dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia, serta kerjasama lain yang disepakati, sesuai dengan fungsi dan wewenang para pihak.

Dekan FMIPA dan Kepala Dinas Diskominsa sepakat bahwa Perjanjian ini bertujuan untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Aceh melalui penyelenggaraan pelayanan data statistik dan geospasial, pengelolaan media komunikasi dan pelayanan informasi publik, layanan infrastruktur dasar data center, layanan manajemen data dan informasi e-Government melalui pendampingan, penguatan sumber daya manusia, perencanaan serta penguatan kelembagaan pemerintah untuk pengelolaan data dan informasi.

Baca Juga:   USK Miliki Lima Profesor Baru, ini Bidang Kepakarannya

Dalam sambutan pembukaannya Dekan FMIPA Prof. Taufik Fuadi Abidin, memaparkan profil Fakultas MIPA USK dan berharap bahwa kolaborasi digital ini akan membuka ruang wawasan yang lebih luas dan memberi manfaat di kedua institusi. FMIPA USK saat ini memiliki program magister dengan akreditasi unggul dan baik sekali, yaitu S2 Matematika, S2 Fisika, S2 Kecerdasan Buatan, dan dalam waktu dekat akan hadir S2 Statistika.

“FMIPA USK juga siap jika ada kajian-kajian atau penyusunan naskah akademis, yang memerlukan sumbang pikir dari kami. Semoga kegiatan ini dapat kita implementasi dalam bentuk kegiatan swakelola tipe II. Juga untuk kegiatan-kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kita dapat menyusun program-program pemberdayaan masyarakat melalui Program Matching Fund (Dana Padanan) dari Kemdikbudristek. Cukup banyak low hanging fruits yang bisa kita petik,” Tambah Taufik.

Baca Juga:   USK Terus Kembangkan Kecerdasan Buatan

Kepala Dinas Diskominsa Marwan Nusuf, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya bisa melihat peluang untuk mengerjakan sesuatu secara bersama dengan FMIPA yang sangat terbuka, bukan hanya dengan Jurusan Informatika, atau Statistika, atau jurusan-jurusan yang selama ini terlihat relevan, namun juga dengan jurusan lainnya di FMIPA. Dan hal ini tertuang dalam naskah kerja sama yang kita tandatangani hari ini, bahwa peluang untuk melibatkan seluruh program studi di FMIPA sangat terbuka.

Baca Juga:   FK USK Luluskan Doktor Pertama, ini Orangnya

FMIPA USK yang secara resmi didirikan pada tahun 1993 ini telah menjalin puluhan kerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Kerja sama ini melibatkan hampir seluruh program studi yang bernaung di bawah FMIPA USK, yaitu lima Program Studi S2, tujuh Program Studi S1, satu Prodi Profesi Apoteker, dan dua Program Studi Diploma (D-III).