Edu  

UTU Gelar Festival Bahasa 2024, Puluhan Mahasiswa Mendaftar

Festival bahasa

Aceh Barat – Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh akan menggelar festival bahasa tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 20 sampai dengan 21 Maret yang akan berlangsung di auditorium kampus.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh pusat kurikulum dan bahasa UTU, dan ini merupakan tahun kedua pelaksanaan tersebut,” ujar ketua Korpus Bahasa UTU, Firman Parlindungan.

Ia menambahkan, untuk peserta terbaik nantinya akan menjadi Duta UTU pada kegiatan yang sama tingkat Provinsi Aceh.

Sementara panitia kegiatan Jusnaini Hasni mengatakan kegiatan ini akan diikuti oleh puluhan peserta dari utusan masing-masing program studi di kampus tersebut.

Baca Juga:   Mahasiswa Angkatan ke-17 Sekolah Jurnalistik MJC Diwisuda

“Ada Sekitar 30 lebih mahasiswa yang telah mendaftar, kita juga sudah melakukan technical meeting untuk proses pelaksanaan kegiatan ini, ” ujarnya.

Ia juga menambahkan menjelang hari pemilihan duta bahasa tersebut, panitia telah merampungkan berbagai persiapan termasuk dewan juri yang akan menilai peserta.

Acara dimulai dengan lomba debat bahasa Inggris setelah pembukaan kemudian dilanjutkan dengan presentasi esai mengenai seni budaya pada hari pertama.

Kemudian pada hari kedua, para peserta mengikuti seleksi uji kemahiran bahasa Indonesia (UKBI) dan dilanjutkan dengan penampilan bakat para peserta dalam kelompok kemudian diakhiri dengan pengukuhan duta bahasa UTU 2024.

Baca Juga:   USK Masuk Empat Besar PTN dengan Capaian IKU Terbaik Nasional

Adapun penilaian lomba meliputi kecakapan berbahasa, presentasi esai mengenai seni budaya, uji kemahiran bahasa Indonesia (UKBI) dan penampilan bakat peserta. Beragam bahasa dan budaya ditampilkan pada acara tersebut.  Kegiatan tersebut dinilai oleh dewan juri pemilihan Duta Bahasa UTU yang berkompeten di bidangnya.

Jusnaini menambahkan festival bahasa ini bertujuan untuk memilih duta bahasa ditingkat Universitas serta untuk memotivasi mahasiswa untuk memantapkan diri dalam berbahasa.

Juara pertama akan dinobatkan sebagai duta bahasa, juara dua akan mendapat kehormatan sebagai duta bahasa inspiratif dan juara ketiga menjadi duta bahasa favorit UTU 2024 kategori putra dan putri. Pemenang nantinya akan mendapat sejumlah hadiah dan akan didaftarkan untuk pemilihan duta bahasa tingkat provinsi.