Edu  

Santri Dayah IQ M Fataya Wakili Aceh pada STQH Nasional

Santri IQ M Fataya
Foto: dok Dayah IQ

Aceh Besar – Santri Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar, M. Fataya Almuwahhid terpilih menjadi duta Aceh pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan  Hadits (STQH) tingkat Nasional ke-XXVII tahun 2023 di Provinsi Jambi.

Event rutin dua tahunan itu berlangsung pada 29 Oktober sampai 7 November 2023. Even ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin di Arena Utama H. Abdurrahman Sayoeti, Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Putra dari Sanaul Khair dan Hastuti Syahnita itu mewakili Aceh pada cabang hafalan 500 hadits tanpa sanad. Sebelumnya, Fataya dan peserta lainnya telah mengikuti serangkaian seleksi di LPTQ provinsi Aceh hingga akhirnya terpilih untuk mengikuti STQH tingkat nasional.

Baca Juga:   Santri Ruhul Qurani Dominasi Finalis Lomba Berhitung USK se-Aceh Barat

Sekretaris Dayah Insan Qurani Ustaz Alfirdaus Putra menyampaikan apresiasi dan doanya atas prestasi yang diraih Fataya. Ia mengatakan terpilihnya santri IQ sebagai duta Aceh merupakan prestasi yang membanggakan bagi keluarga besar Dayah Insan Qur’ani.

“Alhamdulillah, selamat untuk anak kami yang menjadi bukti bahwa santri-santri kita memiliki kapasitas keilmuan yang luar biasa sehingga mampu bersaing di tingkat provinsi dan terpilih ke nasional,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Fataya merupakan salah satu siswa berprestasi dan juga aktif berorganisasi.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi santri lain, agar terus memiliki semangat belajar dan berprestasi meski aktivitas di dayah begitu padat,” jelas Alfirdaus.

Fataya tercatat telah mengkhatamkan hafalan Al-Qur’annya beberapa waktu lalu. Ia juga terpilih sebagai perwakilan Aceh untuk cabang Fahmil Qur’an di MTQ Nasional ke-XXIX tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, ia juga banyak menjuarai sejumlah kompetisi antar sekolah di provinsi Aceh seperti RIAB Fair dan Darul Ulum Exhibition.

Baca Juga:   FMIPA USK Gandeng Diskominsa Aceh untuk Perkuat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seperti diketahui STQHN tahun ini diikuti 736 peserta dari 13 provinsi seluruh Indonesia. 736 peserta ini mencakup 132 peserta kategori Seni Baca Al Qur’an, 39 peserta Tafsir Al Qur’an, 104 peserta Hadist, 315 peserta Hafalan Al-Qur’an, dan 146 peserta cadangan. Seluruh peserta dan official telah tiba di Jambi pada Minggu (29/10/23) untuk melakukan registrasi ulang di sekretariat panitia.

Pada pelaksanaan STQHN ke-XXVI di Kota Sofifi, Maluku Utara tahun 2021 silam, sejumlah santri dan alumni Dayah Insan Qur’ani juga turut mewakili Aceh di sejumlah cabang lomba, di antaranya Uli Satria di cabang tahfidz 10 juz, Muhammad Farisi di cabang tahfidz 1 juz, Sayed Musyraf di cabang tahfidz 5 juz, Sahula Ruzni di cabang tahfidz 5 juz, dan Niswatul Birra di cabang tahfidz 30 juz.