Edu  

Santri Dayah Insan Qurani Juara Lomba Berhitung USK se-Aceh Besar

Santri juara berhitung
Foto: istimewa

Banda Aceh – Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) Insan Qurani Aceh Besar keluar sebagai juara pada Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) ke-29 tingkat Aceh Besar tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Rabu, 19 Agustus 2023.

Kegiatan ini digelar untuk siswa SMA/MA sederajat, SMP/MTs sederajat serta kategori umum. Dalam perlombaan ini para peserta dari berbagai sekolah favorit dan pesantren di Aceh Besar bersaing memperebutkan gelar juara.

Pada kategori SMA/MA Santri IQ Dhiya Ulhaq keluar sebagai juara satu, juara dua diraih siswa MOSA Saskia Zalfa Rahmah, dan juara 3 diraih Aulia Sofyan dari MAS Insan Qurani.

Baca Juga:   Ratusan Pelajar di Banda Aceh Antusias Ikut Sosialisasi Kekayaan Intelektual 

Selain itu, pada kategori umum juara satu juga diraih oleh Qisthi Akmal yang merupakan alumni MAS Insan Qur’ani.

Baca juga: 4 Santri Dayah IQ Lulus Beasiswa Berprestasi, ini Nama dan Tempat Kuliahnya

Selanjutnya, pada kategori SMP sederajat tiga siswa Insan Qurani keluar sebagai finalis 10 besar yakni M. Yasin Abiyyu Haq, Wahyun Lathifah, dan Farah Fajarna.

Sekretaris Dayah Insan Qurani Alfirdaus Putra mengapresiasi prestasi yang diraih oleh santri Insan Qurani ini.

“Alhamdulillah santri kita mampu bersaing dalam perlombaan yang diikuti oleh sekolah-sekolah favorit di Aceh Besar ini. Ini membuktikan bahwa santri mampu bersaing dalam perlombaan menghitung sekalipun,” ujarnya.

Baca Juga:   BAN-PT Asesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi UIN Ar-Raniry

Sementara guru sekaligus pelatih santri IQ Muammar mengatakan, ini termasuk salah satu lomba yang bergengsi dan juga waktunya sangat singkat dengan berbagai kegiatan mereka di dayah. Mereka melakukan persiapan dengan baik untuk mengikuti lomba tersebut.

Baca juga: Santri Dayah ini Tak Perlu Lagi Pakai LPG 3 Kg Usai Pasha Jaya Turun Tangan

“Setiap hari selalu kita berikan soal soal untuk meningkatkan kecepatan dan ketelitian mereka. Kemudian, kita evaluasi dimana masih ada yang kurang. Alhamdulillah bersyukur, Insan Qurani Kembali mampu mempertahankan capaian di tahun tahun sebelumnya, berkat doa dan dukungan para ustad dan ustazah juga. semoga terus berbenah sehingga kedepannya kembali mendapatkan hasil yang terbaik,” katanya.