Edu  

Santri Ruhul Qurani Dominasi Finalis Lomba Berhitung USK se-Aceh Barat

Santri Ruhul Qurani
Foto: istimewa

Banda Aceh – Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) Ruhul Qurani Aceh Meulaboh berhasil mendominasi finalis Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) ke-29 tingkat Aceh Barat tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Minggu, 27 Agustus di Aula Akademi Keperawatan Meulaboh di Suak Ribee. Lomba tersebut digelar untuk siswa SD/MTs, SMP/MTs sederajat, SMA/MA sederajat, serta kategori umum.

Dalam perlombaan ini para peserta dari berbagai sekolah favorit dan pesantren di Aceh Barat bersaing memperebutkan gelar juara.

Baca juga: Selamat! Santri Ruhul Qurani Raih Emas di Ajang Pencat Silat

Baca Juga:   2 Santri Jeumala Amal Lolos ke Jambore Dunia di Korsel

Pada kategori SMA/MA Santri Ruhul Qurani, Fahri Fernanda keluar sebagai juara dua, sedangkan Raiqah Afra Mahirah berhasil menjadi juara tiga, setelah bersaing kembali dengan Syifa Mahirah karena memperoleh hasil yang sama dibabak final, juara 1 berhasil diraih oleh Kelvin Harun, siswa SMAN 1 Meulaboh.

Adapun jumlah finalis tingkat MA dari Dayah Ruhul Qurani yaitu 3 orang.

Selanjutnya, pada kategori SMP sederajat, 4 orang siswa Ruhul Qurani keluar sebagai finalis 10 besar, mendominasi sekolah SMP sederajat, yakni T. Farid Ramadhan, Syifa Ul Izzati, Ghaisan Zafir Hafuza, M. Farhan Al-Imran.

Pimpinan Dayah Ruhul Qurani Ust Kamil mengapresiasi prestasi yang diraih oleh santri Ruhul Qurani ini. Menurutnya ini langkah awal mereka berkompetisi dengan siswa siswi lainnya.

Baca Juga:   FMIPA USK Gandeng Diskominsa Aceh untuk Perkuat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Baca juga: 288 Santri Dayah Ruhul Qurani Masuk Asrama

“Alhamdulillah santri kita mampu bersaing dalam perlombaan yang diikuti oleh sekitar 600 siswa dari sekolah-sekolah favorit di Aceh Barat ini. Ini membuktikan bahwa santri mampu bersaing dalam perlombaan menghitung sekalipun,” ujar Kamil.

“Selamat untuk anak kami, tetap semangat dan terus belajar, jangan berhenti di sini, jangan pernah merasa puas, tetaplah bersyukur dan rendah hati, dan mudah mudahan capaian ini juga menjadi motivasi bagi santri lain,” ujarnya.

Baca Juga:   288 Santri Dayah Ruhul Qurani Masuk Asrama

Sementara itu, guru sekaligus Pelatih Santri Dayah Ruhul Qur’ani Risa Chairiah mengatakan, para peserta antusias dalam mempersiapkan diri di ajang perdana ini.

“Mereka berharap bisa mengharumkan nama dayah dan memperkenalkan Dayah Ruhul Qur’ani pada dunia,” katanya.