2 Santri Jeumala Amal Lolos ke Jambore Dunia di Korsel

Santri ikut jambore
Foto: istimewa

Banda Aceh – Dua santri Dayah Jeumala Amal terpilih menjadi anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pidie Jaya untuk mengikuti Jambore Dunia Ke-25 yang berlangsung di Saemangeum, Korea Selatan, pada 2-12 Agustus.

Kedua anggota Pramuka dari Dayah Jeumala Amal Lueng Putu adalah Khairan Rafi anak dari pasangan Azhari dan Nurlina, serta Kasratul Amalia anak dari pasangan Hamran dan Lindawati. Keduanya merupakan murid kelas XII MAS Jeumala Amal.

Menurut Khairan Rafi, sebelumnya Kwarda Aceh mengadakan seleksi Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan dengan masing-masing kwarcab mengutus empat wakil terbaiknya untuk mengikuti seleksi di provinsi. Setelah melalui berbagai tahapan terpilih peserta kontingentl Aceh sebanyak 20 orang Terdiri dari 10 Putra dan 10 Putri.

Baca Juga:   Kakek di Lhokseumawe Tikam Istri Hingga Tewas

Baca juga: Bripda Dolly, Alumni Dayah IQ Juara Hifdzil Qur’an se-Asia Tenggara

“Alhamdulillah dua di antaranya termasuk kami dari Dayah Jeumala Amal yang nanti akan bergabung dengan 1050 peserta dari seleuruh Indonesia,” sebutnya.

Untuk mendapatkan tiket ke jambore nasional ini sebelumnya para peserta ini harus mengikuti sejumlah seleksi di antaranya tes tulis dan wawancara bahasa inggris seputar Pramuka, tidak terkecuali tes samapta (tes fisik dan PBB) dan Tes wawasan keagamaan juga turut diikutsertakan.

Baca Juga:   Viral Pria Korea Mirip Aktor Lee Jong Suk Nikahi Perempuan Aceh

Setelah mengikuti berbagai tes personal, panitia seleksi membentuk FDG (Forum Discussion Group) untuk mengetes kecakapan bahasa inggris dan teknik problem solving para peserta.

“Tentunya kami sangat bersyukur dan bahagia atas kelulusan hingga dipercayakan untuk menjadi wakil Indonesia ke Jambore dunia di Korea Selatan, ini semua tidak lepas dari doa dan dukungan dari orang tua, Guru, dan kawan-kawan semua,” ucapnya.

Baca juga: Rektor UIN Ar-Raniry Optimis Raih Hasil Maksimal di PKM 3 Jambi

Pimpinan Dayah Jeumala Amal, Tgk Hamdani AR beharap kedua muridnya yang telah terpilih mengikuti Jambore Dunia Ke-25, dapat menjaga nama baik Dayah dan dapat membawa harum nama Aceh ditingkat internasional.

Baca Juga:   Aceh Vespa Festival Dibuka Malam ini, Intip Keseruannya

“Jadikan kesempatan ini sebagai ajang berbagi pengalaman, dan tetap jaga nama Aceh dan Indonesia di negara lain,” harapnya.