Kemenag Singkil Gelar Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Bimbingan manasik haji
Foto: dok istimewa

Banda Aceh – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil menggelar kegiatan Program Bimbingan Manasik Haji Sepanjang Tahun, Rabu (9/8/2023).

Kegiatan yang digelar di Gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama Aceh Singkil dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil, Saifuddin.

Dalam pembukaan acara tersebut Saifuddin, menyampaikan paparan dan penjelasan materi terkait dengan Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji dari Kementerian Agama RI.

Baca jug: Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Aceh Telah Pulang

Saifuddin mengatakan pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci secara independen.

Baca Juga:   Kemenkumham Aceh Ajak Polisi Bersinergi Deteksi Kerawanan di Penjara 

“Yang dimaksud rangkaian ibadah haji secara mandiri adalah agar jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, utamanya pengetahuan atau ilmu yang dimaksudkan agar menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” ucapnya.

Menurut Saifuddin ada beberapa tujuan digelarnya manasik haji sepanjang tahun. Pertama, meningkatkan kualitas pemahaman jamaah terhadap pelaksanaan ibadah haji. Kedua, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji. Ketiga, yaitu meningkatkan dan mengembangkan materi bimbingan ibadah karena materi ini perlu terus dievaluasi.

Baca Juga:   Laba Penjualan Komunitas Mobil Kopi di PKA Didonasikan untuk Palestina

Tujuan keempat, lanjutnya yakni meningkatkan kualitas strategi pelayanan bimbingan ibadah. Kelima, meningkatkan layanan ibadah haji yang dapat bersinergi dengan layanan lainnya. Keenam, meningkatkan performa dalam memberikan pelayanan ibadah haji. Dan terakhir untuk meningkatkan indeks pelayanan ibadah haji Kementerian Agama.

Baca juga: Mayat Pria dan Wanita Ditemukan di Banda Aceh

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Istadi Putra menyampaikan pelaksanaan bimbingan manasik haji sepanjang tahun dimaksudkan agar jamaah haji mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, utamanya pengetahuan atau ilmu yang dimaksudkan agar menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Baca Juga:   Warga Titeue Tewas Dibunuh

Istadi Putra kembali menjelaskan, bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan bimbingan manasik haji dan umrah sepanjang tahun di Kabupaten Aceh Singkil berjumlah 50 jamaah yang merupakan jamaah estimasi berangkat pada tahun 2024 nanti.