Tekno  

9 Tips Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak yang Perlu Kamu Tahu

Hp sesuai kebutuhan
Ilustrasi HP. (Foto: pinterest)

Banda Aceh – Dalam era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki smartphone atau ponsel pintar. Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara merawat hp mereka dengan baik sehingga seringkali ponsel pintar mereka cepat rusak.

Padahal, merawat hp dengan baik sangat penting untuk memperpanjang umur ponsel pintar dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips cara merawat hp agar tidak cepat rusak seperti dirangkum selagi.id:

1. Gunakan casing dan tempered glass

Salah satu cara terbaik untuk melindungi ponsel pintar Anda dari kerusakan adalah dengan menggunakan casing dan tempered glass. Casing akan melindungi ponsel Anda dari goresan dan benturan, sedangkan tempered glass akan melindungi layar ponsel Anda dari retak atau pecah. Pastikan Anda memilih casing dan tempered glass yang sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda.

2. Jangan menggunakan charger palsu

Penggunaan charger palsu dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Charger palsu biasanya tidak memiliki perlindungan yang cukup untuk mencegah overcharging atau overvoltage, yang dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Selain itu, charger palsu juga dapat menyebabkan kerusakan pada port charging ponsel pintar Anda.

Baca Juga:   5 Cara Mengetahui Sebuah Artikel Dibuat Menggunakan AI

Baca juga: 18 Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

3. Jangan biarkan baterai kosong terlalu lama

Baterai kosong yang dibiarkan terlalu lama dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Sebaiknya, jangan biarkan baterai kosong hingga 0% karena hal ini dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Selalu pastikan baterai ponsel pintar Anda terisi penuh sebelum digunakan.

4. Jangan terlalu sering mematikan dan menyalakan ponsel pintar

Mematikan dan menyalakan ponsel pintar terlalu sering dapat merusak sistem operasi dan membuat ponsel pintar Anda menjadi lemot. Sebaiknya, matikan ponsel pintar Anda hanya saat diperlukan, misalnya saat sedang bepergian atau saat sedang tidur.

5. Hindari suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Hindari meninggalkan ponsel pintar Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang terlalu dingin seperti di dalam lemari es. Selain itu, jangan biarkan ponsel pintar Anda terlalu lama terkena sinar matahari langsung karena hal ini dapat merusak layar ponsel Anda.

Baca Juga:   9 Tips Baterai HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Soak

6. Bersihkan ponsel pintar secara berkala

Bersihkan ponsel pintar Anda secara berkala untuk menghindari kotoran dan debu yang menempel pada ponsel pintar Anda. Kotoran dan debu dapat menyebabkan kerusakan pada port charging atau speaker ponsel pintar Anda. Gunakan kain lembut atau tisu basah untuk membersihkan ponsel pintar Anda.

7. Hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas

Menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas dapat membahayakan ponsel pintar Anda. Aplikasi yang tidak terpercaya dapat mengandung virus atau malware yang dapat merusak sistem operasi ponsel pintar Anda. Selalu pastikan Anda menginstal aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store atau App Store.

Baca juga: 9 Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

8. Update sistem operasi secara berkala

Update sistem operasi ponsel pintar Anda secara berkala untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja ponsel pintar Anda. Selain itu, update sistem operasi juga dapat mengoptimalkan penggunaan baterai ponsel pintar Anda.

9. Jangan menggunakan ponsel pintar saat sedang diisi daya

Baca Juga:   50 Nama Keren dan Anti Mainstream untuk Free Fire

Menggunakan ponsel pintar saat sedang diisi daya dapat merusak baterai ponsel pintar Anda. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan overheat pada ponsel pintar Anda. Sebaiknya, biarkan ponsel pintar Anda terisi daya hingga penuh sebelum digunakan.

Itulah beberapa tips cara merawat hp agar tidak cepat rusak. Dengan merawat hp dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur ponsel pintar Anda dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Selalu pastikan Anda menggunakan aksesoris yang sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda, serta mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen ponsel pintar Anda.

Itulah beberapa tips cara merawat hp agar tidak cepat rusak. Dengan merawat hp dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur ponsel pintar Anda dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.