Sakit Saat Berlayar ke China, ABK Kapal Kargo Dievakuasi ke Banda Aceh

Evakuasi ABK sakit
Foto: istimewa

Banda Aceh – Seorang ABK kapal MV. SM Gladstone yang sedang berlayar dari Brazil menuju China dievakuasi ke Banda Aceh karena mengeluh sakit di bagian perut. ABK bernama Thant Zin (44) asal Myanmar didiagnosis mengalami penyumbatan pada saluran kemih.

Zin dijemput tim SAR gabungan di Perairan Selat Benggala Kabupaten Aceh Besar, Selasa (1/8/2023) dinihari. Proses evakuasi bermula dari informasi diterima Basarnas Banda Aceh dinihari tadi dari agen pelayaran.

Baca Juga:   Pembunuh Warga Titeue Ditangkap

Baca juga: Berkenalan dengan Putri Laura, Wakil Aceh di Pemilihan Miss Teenager Indonesia

Setelah dilakukan koordinasi, diputuskan lokasi evakuasi di Selat Benggala. Tim rescue Basarnas Banda Aceh dan unsur terkait bergerak ke lokasi menggunakan KN SAR Kresna 232.

“Zin mengeluh sakit perut saat buang air kecil. Hasil Pemeriksaan Tim KKP Banda Aceh, dinyatakan bahwa korban mengalami distensi urenaria atau penyumbatan saluran kemih,” kata Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh Al Hussain kepada wartawan.

Baca Juga:   Aceh Besar Raih Anugerah Kota Layak Anak Kategori Madya

Baca juga 26 Kampus Ikut Nursing Got Talent Fkep USK, ini Pemenangnya

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dari kapal pada pukul 03.10 WIB dan kemudian dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue. Zin lalu dirujuk RSU Zainoel Abidin untuk mendapatkan perawatan.

“Yang bersangkutan sudah dibawa ke rumah sakit,” jelas Hussain.