9 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Wisata di Aceh

Kuliner Aceh
Foto: e-catalog.lkpp.go.id

Banda Aceh – Aceh, sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya.

Saat Anda berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba ragam kuliner khas Serambi Mekkah. Berikut 9 kuliner wajib kamu cicipi:

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan mie khas Aceh yang terkenal dengan rasa pedasnya. Mie ini biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, udang, dan sayuran segar. Rasanya yang gurih dan pedas membuat Mie Aceh menjadi hidangan yang sangat disukai oleh pengunjung.

2. Nasi Gurih Aceh

Nasi Gurih Aceh adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Aceh. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti rendang, gulai, dan sambal. Nasi Gurih Aceh memiliki rasa yang kaya dan lezat.

Baca Juga:   Musik Etnik Seni Daerah Digelar di Taman Budaya, Yuk Ramaikan

3. Gulai Pliek U

Gulai Pliek U adalah hidangan gulai khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing. Gulai ini memiliki rasa yang kaya dan bumbu rempah yang kuat. Rasanya yang gurih dan pedas membuat Gulai Pliek U menjadi hidangan yang sangat nikmat.

4. Sate Matang

Sate Matang adalah sate khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan bumbu kacang. Sate ini memiliki rasa yang gurih dan manis, serta disajikan dengan nasi atau lontong.

5. Roti Cane

Roti Cane adalah roti pipih yang terkenal di Aceh. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan renyah, serta biasanya disajikan dengan kuah kari atau sambal.

Baca Juga:   Aceh, Surga Wisata di Ujung Barat Indonesia

6. Timphan

Timphan adalah hidangan khas Aceh yang terbuat dari tepung yang dibungkus dengan daun pisang. Isi timphan bisa kelapa atau serikaya.

7. Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah kopi khas Aceh yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Kopi ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang kuat.

8. Es Tebu

Es Tebu adalah minuman khas Aceh yang terbuat dari air tebu yang dicampur dengan air kelapa dan es. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan segar, serta sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas.

Baca Juga:   5 Alasan Kamu Harus Berwisata ke Aceh

9. Putu

Putu Pukul adalah kue tradisional khas Aceh yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis, serta biasanya disajikan dengan kelapa parut.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba 9 kuliner wajib di atas. Selamat menikmati!