Ilham Akbar Apresiasi Prestasi Bireuen di PKA-8

Ilham Akbar
Ilham Akbar anggota DPR Aceh

Banda Aceh – Anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Golkar, Ilham Akbar mengapresiasi Kabupaten Bireuen yang keluar sebagai Juara 3 pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8.

Sebagai Putra Bireuen, Ilham Akbar merasa bangga, sebab beberapa perlombaan yang dipertandingan dalam event 4 tahunan itu, berhasil meraih prestasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada peserta dari Bireuen yang menjadi juara 3 dalam event PKA ke 8. Ini prestasi yang membanggakan pastinya,” kata Ilham Akbar, Senin (13/11).

Menurut Ilham, prestasi itu tak terlepas dari semangat juang para peserta yang telah mengeluarkan kemampuan maksimalnya dalam event tersebut.

Baca Juga:   Promosi Judi Online di Medsos, Selebgram Nagan Raya Ditangkap Polisi

Apalagi, kata dia, Bireun juga dikenal sebagai daerah yang memiliki beragam budaya, kesenian, kuliner hingga wisata yang memiliki potensi sangat menjanjikan.

Untuk itu, Ilham berharap budaya dan kesenian para endatu Bireuen bisa terus dijaga, dirawat dan dilestarikan agar bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

“Kita semua berharap agar kesenian, budaya, kuliner dari peninggalan para endatu bisa dilestarikan agar bisa dinikmati anak cucu kita ke depan,” katanya.

Dalam perlombaan PKA ke 8, Bireuen memiliki catatan prestasi yang cukup bagus. Misalnya, Bireun menjadi juara 3 lomba pawai budaya pejalan kaki, kemudian juara 3 lomba teater tradisional.

Baca Juga:   Catat! Ini Rangkaian PKA-8, Ada Festival Kuliner hingga Khanduri Budaya

Lalu, juara 2 lomba catoe rimueng, peringkat 5 lomba egrang. Kemudian menjadi penyaji terbaik lomba peragaan busana tradisi, harapan 1 lomba kuliner kreasi.

Kemudian peringkat 1 penyaji terbaik pertunjukan musik tradisional. Atas prestasi dalam ajang tersebut, Bireuen keluar sebagai juara umum ketiga pemenang PKA ke 8.

Diketahui, dalam anjungan Kabupaten Bireuen turut ditampilkan potret kesenian asal Bireuen seperti, Meugrob, Tari Ratoe Bruek, Rapai Puloet Geurimpeng, Sandiwara Geulanggang Labu, Rabbani Wahed dan banyak lainnya.

Baca Juga:   Gudang BBM Ilegal di Aceh Utara Digerebek¬†

Kemudian di kuliner, Bireuen menampilkan Kue Bada Rateuk dan banyak lainnya hingga minyak burung goet goet. Serta rempah hasil alam dari Kota Juang.