2.351 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Nataru di Aceh

Nataru di Aceh

Banda Aceh – Sebanyak 2.351 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan natal dan tahun baru (Nataru) di Aceh. Personel pengamanan akan ditempatkan di gereja hingga lokasi wisata.

Wakapolda Aceh Brigjen Armia Fahmi memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Seulawah 2023. Apel dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) itu digelar di Polda Aceh, Kamis, 21 Desember 2023.

Armia mengatakan, apel gelar pasukan merupakan pengecekan akhir dari kesiapan baik personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin Seulawah 2023, sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan dengan optimal.

Baca Juga:   Syech Fadhil: Konflik Adalah Fase Terpahit dalam Sejarah Aceh

Ia juga menyampaikan, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Hal itu sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo melalui Kapolri, di mana Nataru adalah rutinitas yang tetap harus direncanakan dan dipersiapkan, terutama terkait kelancaran transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok.

“Apel gelar pasukan ini adalah pengecekan kesiapan pelaksanaan operasi. Kemudian, pengamanan Nataru merupakan hal rutin yang tetap harus kita rencanakan, karena berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata jenderal bintang satu itu.

Di samping itu, Armia Fahmi juga menyampaikan, bahwa dalam rangka pengamanan Nataru tahun ini, Polda Aceh didukung oleh TNI, Pemda, mitra kamtibmas, serta stakeholder terkait. Pengamanan Nataru melibatkan sedikitnya 2.351 personel dari berbagai unsur.

Baca Juga:   LADK Penerimaan Rp 20 Juta-Pengeluaran Rp 150 Juta, ini Penjelasan PSI Aceh 

Operasi kepolisian terpusat ini berlangsung selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Nantinya, petugas juga mendirikan pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu di terminal, gereja, pelabuhan, pusat perbelanjaan, dan bandara.

Armia Fahmi juga mengingatkan, agar seluruh personel yang terlibat operasi terus meningkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Karena hal itu merupakan kunci utama keberhasilan operasi.

Baca Juga:   Senangnya Siswa MIN Pulo Breuh Dapat Bingkisan dari Kemenag Aceh Besar

“Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin Seulawah 2023. Jaga kesehatan dan jadikan pengamanan Nataru sebagai kebanggaan,” demikian, kata Armia Fahmi.