Forum Anak Kota Sabang Raih Penghargaan 2P di DAFA Award 2023

Sabang – Forum Anak Kota Sabang (FAKOSA) kembali berhasil terpilih sebagai Inspirator Pelapor dan Pelopor (2P) Terbaik Tingkat Nasional, pada penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award Tahun 2023. Sebelumnya, penghargaan yang sama telah di raih Fakosa pada tahun 2022.

Penghargaan tersebut diterima Ketua Forum Anak Kota Sabang (FAKOSA) Dhaifan Wirasatya Irawan, di Taman Budaya Raden, Semarang, Sabtu (22/7/2023).

DAFA Award merupakan agenda tahunan Forum Anak Nasional (FAN), yang bernaung di bawah Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan sangat bersyukur dan bangga kepada generasi muda Kota Sabang yang tergabung dalam Fakosa, yang telah meraih penghargaan tingkat nasional mewakili Kota Sabang.

Baca Juga:   119 P3K Terima SK, Kakankemenag Aceh Besar Ingatkan Tak Minta Pindah

“Saya mengucapkan selamat kepada Forum Anak Kota Sabang atas prestasi yang di raih. Ini merupakan suatu kebanggaan dan menjadi motivasi bagi semua anak-anak di Kota Sabang untuk terus aktif dan berkarya,” kata Reza Fahlevi, Minggu (23/7).

Lanjutnya, Pemerintah Kota Sabang terus mendukung penuh kegiatan putra putri daerah dalam hal positif, termasuk anak-anak yang tergabung dalam FAKOSA, dengan memfasilitasi dan melibatkan mereka dalam kegiatan pemerintahan.

“Selama ini mereka juga cukup aktif dalam kegiatan sosial dan kegiatan positif lainnya. Semoga Forum Anak Kota Sabang bisa terus menjadi pelopor dan pelapor, yang juga dapat memperjuangkan hak-hak anak bagi anak-anak di Kota Sabang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos, PMG, PP dan PA Kota Sabang, Naufal menjelaskan, DAFA Award merupakan salah satu ajang tingkat nasional dalam apresiasi kegiatan Forum Anak dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi.

Baca Juga:   Masyarakat Bayu Seulimum Minta Irmawan Perjuangkan Embung Air Bersih

“Ajang ini menilai, mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Forum Anak yang aktif, inovatif, dan kreatif dalam menjalankan kegiatannya,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, DAFA Award juga menjadi ajang pengumpulan data dan informasi Forum Anak se-Indonesia secara sistematis, untuk mengetahui keaktifan Forum Anak yang telah melakukan berbagai kegiatan dan aksi positif sebagai agen Pelopor dan Pelapor (2P) serta partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan.

Naufal menyebutkan terdapat 15 kategori penghargaan pada ajang DAFA Award tahun 2022 ini, diantaranya Penghargaan bagi Provinsi Terbaik, Kabupaten Terbaik, Kota Terbaik, Kecamatan Terbaik, Kelurahan Terbaik, Desa Terbaik, dan penghargaan Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik.

Baca Juga:   Banda Aceh Gelar Maulid Raya Pekan Depan

Selain itu, terdapat pula penghargaan Pelapor dan Pelopor (2P) Terbaik, Media Sosial Terbaik, Profil Website Terbaik, Forum Anak merangkul, Kesekretariatan Terbaik, Forum Anak Berbakat, Forum Anak Terfavorit dan penghargaan Pendataan Tercepat.