Budaya  

Ribuan Pelajar Semarakkan Pawai Muharam di Sabang

Pawai di Sabang
Foto: istimewa

Sabang – Ribuan pelajar di Kota Sabang mengikuti pawai untuk menyambut tahun baru baru Islam 1 Muharram 1445 H. Kegiatan itu juga diisi dengan kenduri bubur asyura serta Sabang Halal Food Market.

Pawai tersebut diiikuti ribuan pelajar dari 42 sekolah se-Kota Sabang serta tiga kelompok drumband. Kegiatan dimulai dari arena Sabang Fair itu dilepas Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi bersama Forkopimda.

“Hari ini kita melaksanakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah. Ada Festival Muharram dan juga pawai taaruf,” Reza, Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga:   Sudah Tersedia Air Bersih, Liburan ke Pulau Rubiah Kini Makin Nyaman

Baca juga: MPU: Penggunaan Zat Berbahaya untuk Makanan Haram

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini sesuai dengan Sabang sebagai destinasi wisata, yang memang mengharuskan banyak event. Ini tujuannya, tentu selain promosi juga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, dengan melibatkan UMKM dan pelaku ekonomi lainnya.

“Dengan mengambil tema, wujudkan Sabang sebagai destinasi wisata unggulan yang berlandaskan Syariat Islam, event ini melibatkan banyak pihak, baik pemerintah, anak-anak sekolah, pelaku UMKM, pelaku dan komunitas seni Kota Sabang yang berkesempatan tampil, juga berbagai pihak lainnya,” jelas Reza.

Baca Juga:   Desa Kuta Barat Sabang Masuk Tahap Visitasi Apresiasi KIP

Ia juga mengajak masyarakat agar memeriahkan, dan memperingati tahun baru Islam ini dengan bermuhasabah, intropeksi diri, serta menjadi semangat baru untuk terus membangun Kota Sabang yang lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu, Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh M. Syahputra Azwar mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, menambahkan event yang didukung pihaknya ini diselenggarakan selama 2 hari yang diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan dan melibatkan seluruh pihak di Kota Sabang.

Baca juga: Pemkab Aceh Besar Antisipasi Karhutla 

“Festival bubur asyura, pertama kali kita selenggarakan se-Aceh tahun ini termasik di Sabang. Kebetulan untuk eventnya, karena kita sesuaikan dengan jadwal Sabang, event Festival Muharam ini hanya ada di Sabang, dengan beberapa rangkaian acara yang kita laksanakan selama 2 hari dan melibatkan seluruh pihak yang berasal dari Kota Sabang sendiri,” tutupnya.