Cadangan Gas Baru Ditemukan di Aceh Utara

Cadangan gas
Foto: istimewa

Banda Aceh – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA dan PT Pema Global Energi (PGE) mengumumkan adanya temuan cadangan gas baru di Wilayah Kerja Aceh tepatnya di Wilayah Kerja Blok B, Aceh Utara.

“Syukur Alhamdulillah hari ini sumur A-55A telah dilakukan perforasi, dan sedang dilakukan well testing untuk beberapa waktu kedepannya dalam rangka untuk uji kandungan lapisan,” papar Kepala BPMA Teuku Mohamad Faisal, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Santri Dayah ini Tak Perlu Lagi Pakai LPG 3 Kg Usai Pasha Jaya Turun Tangan

Baca Juga:   Polisi Pastikan Informasi 23 Geng Motor di Aceh Teridentifikasi Hoaks

Menurutnya pada tahun 2023 BPMA telah menyetujui usulan PT PGE untuk melakukan pemboran eksplorasi tiga (3) sumur yaitu Arun A-55A, Arun A-72A dan Rayeu C-1A dari komitmen kerja pasti yang awalnya hanya 1 sumur eksplorasi.

Eksplorasi yang saat ini dilakukan adalah upaya menemukan cadangan-cadangan migas baru di Wilayah Kerja Aceh sebagai bagian dari program nasional 1 Juta BOPD dan 12000 MMScfd.

PT PGE sendiri mulai mempersiapkan pemboran tiga sumur untuk mencari cadangan minyak dan gas (migas) di tiga lokasi dalam Kabupaten Aceh Utara. Masing-masing, lokasi pertama sumur A-55 berada di kawasan Desa Desa Mampree dan Desa Ampeh Kecamatan Syamtalira Aron. Kemudian lokasi kedua, Sumur A-72A yang berada di kawasan Desa Tanjong Krueng Pase, juga Kecamatan Syamtalira Aron dan lokasi ketiga sumur Rayeu C-1A yang berada di Desa Meudang Ara Kecamatan Baktiya.

Baca Juga:   Longsor Terjadi Subulussalam, 3 Orang Hilang

Baca juga: Pemprov Aceh Didesak Buat Program Subsidi Tepat LPG 3 Kg

“Keberhasilan tersebut berkat dukungan dari Pemerintah, Pemerintah Aceh dan kerja keras PT Pema Global Energi serta dukungan masyarakat,” jelas Faisal.