Jokowi Resmikan Terminal Paya Ilang Aceh Tengah

Terminal Paya Ilang
Peresmian Terminal Paya Ilang

Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan 3 terminal angkutan umum yang akan melayani perjalanan masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia. Ketiga terminal yang diresmikan tersebut adalah Terminal Tipe A Tingkir Kota Salatiga, Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah, dan Terminal Anak Air Kota Padang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa pembangunan sarana dan prasarana transportasi sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan antar daerah.

“Dan mendukung mobilitas masyarakat serta meningkatkan kenyamanan pengguna jasa transportasi darat,” sebut Jokowi saat hadir meresmikan secara langsung di Terminal Tingkir Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga:   FUQAHA: Tak Elok Nongkrong di Warkop hingga Larut Malam

Jokowi menambahkan bahwa sarana dan prasarana transportasi saat ini semakin dirasakan manfaatnya terutama saat terjadi lonjakan penumpang angkutan umum.

“Kalau pas nggak banyak penumpangnya nggak terasa, tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa seperti saat libur hari raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini,” ujar Jokowi pada acara yang turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh, Iskandar bersama Sekretaris Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Rizki Fadhil.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI menganggarkan biaya sebesar Rp151,6 miliar untuk pembangunan ketiga terminal tersebut. Terminal Tingkir Kota Salatiga menelan biaya sebesar Rp34,8 miliar, Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah sebesar Rp22 miliar, dan Terminal Anak Air Kota Padang sebesar Rp94,8 miliar.

Baca Juga:   Pj Gubernur Larang Warkop Buka di Atas Jam 12 Malam

Terminal Tingkir melayani angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP), di mana tercatat ada 235 bus yang dilayani setiap hari. Terminal Paya Ilang juga melayani angkutan AKAP dan AKDP dengan 91 bus yang dilayani setiap hari. Sementara Terminal Anak Air, melayani 109 bus setiap harinya, baik untuk angkutan AKAP maupun AKDP.

Terminal-terminal tersebut, kata Jokowi, terlihat sangat modern karena dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman bagi pengguna jasa transportasi.

Baca Juga:   Pabrik Pengolahan Minyak Sawit di Aceh Tamiang Terbakar

“Terminal ini tidak hanya berfungsi untuk naik turunnya penumpang tetapi juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pusat kegiatan UMKM, pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial dan lain-lain, serta bisa mengintegrasikan moda transportasi lainnya,” ungkap Jokowi sesaat sebelum meresmikan ketiga terminal baru tersebut.