FK USK Luluskan Doktor Pertama, ini Orangnya

Doktor lulusan USK
Foto: dok USK

Banda Aceh – Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) mencatatkan sejarah baru, dengan keberhasilan meluluskan doktor untuk pertama kalinya. Dr. dr. Wahyu Lestari, Sp.KK menjadi orang pertama yang lulus dari Prodi S3 di kampus Jantong Hate Rakyat Aceh itu.

Sidang promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, tanggal 21 Agustus 2023. Wahyu sendiri merupakan staff pengajar FK USK, ia menyelesaikan pendidikan S3-nya selama tiga tahun, dengan judul disertasi: Pengaruh Ekstrak Topikal Cascara Pulp Kopi Arabika Gayo (Coffea Arabica) sebagai Antioksidan Topikal dalam Photoaging.

Baca juga: Kabar Gembira! USK Turunkan Biaya Kuliah Hingga 31 Persen

Baca Juga:   Mahasiswa USK Ikut Education Mission dari Portugal hingga Malta

“Kami mendorong agar penelitian promovendus ini, dapat segera dipatenkan, dan juga menjadi produk inovasi yang bisa dinikmati masyarakat,” pesan Rektor.

Sidang promosi doktor perdana ini juga dihadiri oleh Dekan FK USK, Prof Dr. dr. Maimun Syukri Sp,PD, KGH Finasim sebagai sekretaris sidang sekaligus penguji.

Adapun promotor utama adalah Prof. Dr. Kartini Hasballah MS Apt, Prof. Dr. dr. M Yulianto Listiawan Sp.KK(K). FINSDV, FASDV dari FK Unair sebagai co promotor 1, Dr Sofia MSc sebagai co promotor 2, penguji sidang terbuka sendiri adalah Prof. Dr. dr. Oki Suwarsa Sp.KK (K) dari FK Unpad, Dr. dr. Nanda Earlia Sp.KK, dan Dr. Gholib S.Pt, M.Si.

Baca Juga:   USK Sediakan Kuota 10.240 Mahasiswa Baru

Dekan FK mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dr Wahyu Lestari, yang secara komprehensif, disertasinya berdampak dari hulu ke hilir pada pergerakan ekonomi, khususnya bagi para petani kopi.

Baca juga: USK Terus Kembangkan Kecerdasan Buatan

“Ini juga akan menjadi inovasi baru yang bisa dikembangkan terus di Aceh, Indonesia, hingga ke tingkat global dalam konteks industrial,” tutur Prof Maimun.

FK adalah salah satu fakultas yang berkembang pesat di USK. Fakultas yang berdiri sejak tahun 1982, sudah berusia 41 tahun. Hingga kini, USK telah memiliki hampir 4000 lulusan yang menyebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

“Saat ini FK USK memiliki 22 program studi, salah satunya adalah program studi S3. Prodi yang dimulai sejak 2019,” beber Dekan FK.

Baca Juga:   Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Runtuhnya RS Regional Aceh Tengah

Disertasi Dr. Wahyu disambut baik oleh Direktur Bisnis USK, DR. Syaifullah ST. Ia berjanji akan membantu mengembangkan hingga menjadi produk  yang sesuai dengan beberapa produk di unit bisnis USK.