Edu  

1.220 Siswa se-Indonesia Ikut Event Classic VIII Dayah Insan Qurani

Siswa IQ
Foto: Insan Qurani

Aceh Besar – Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar kembali menggelar kompetisi antar siswa yang dikemas dalam Competition of Religion, Art, Science and education (CLASSIC) ke 8 di kampus dayah IQ, Gampong Aneuk Batee, Suka Makmur Aceh Besar. Kegiatan ini berlangsung selama enam hari mulai dari tanggal 21-26 Oktober 2023.

Menariknya, pelaksanaan even classic tahun ini, sekaligus menyambut Peringatan Hari Santri yang akan dilaksanakan esok, yaitu 22 Oktober 2023 dan diikuti 1220 peserta dari siswa-siswi asal Aceh dan dari luar Aceh mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA.

“Kami sangat mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan oleh Santri Dayah Insan Qurani, yang dikemas dalam Agenda Classic 8. Kami berharap melalui event ini dapat menjadi wadah silaturahim antara santri, siswa, guru dan lembaga pendidikan, Ini moment untuk saling bertukar pengalaman dan motivasi untuk menjadi yang terbaik,” ujar Azhari dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Baca Juga:   Ziarahi Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkeung, Iswanto Janji Akan Jadikan Cagar Budaya

Baca juga: Santri Dayah IQ ini Juara 2 Nasional Madrasah Fest 2023 Cabang Tahfidz

Ia berharap event ini dapat menumbuhkembangkan minat, bakat serta kreativitas semua peserta, sehingga memberikan semangat dan inovasi baru terhadap peningkatan mutu pendidikan di Aceh.

Azhari mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh santri Dayah Insan Qurani ini, apalagi tahun ini dilaksanakan berbarengan dengan peringatan hari santri nasional.

“Santri telah menunjukkan kiprahnya dalam membangun bangsa, mengambil peran serta posisi penting dan strategis. Tidak hanya sebagai guru agama di pondok pesantren, khatib dan majelis taklim, akan tetapi santri telah mengepak sayapnya ke berbagai stakeholder baik di pemerintahan maupun swasta dan di berbagai tempat lainnya,” kata Kakanwil Kemenag Aceh.

Ia berpesan agar santri menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan pesan yang menyejukkan di tengah masyarakat, menjadi pelopor dalam berbagai dimensi kehidupan, terutama dalam menata umat serta menjadi motivasi dalam berkiprah di negeri ini. Hal ini sesuai dengan tema hari santri tahun ini adalah jihad santri Jayakan Negeri.

Baca Juga:   3 Alumni Dayah Insan Qurani Raih Penghargaan Pemerintah Aceh

“Santri juga harus berperan aktif berdakwah melalui medsos, untuk mengimbangi berita hoaks apalagi menjelang tahun 2024, di sana ada Pemilu. Kehadiran santri pasti sangat dinanti, menjadi duta damai di tengah masyarakat, mewujudkan kemaslahatan umum, menjaga keutuhan dan persatuan umat,” ujarnya.

Baca juga: 4 Santri Dayah IQ Lulus Beasiswa Berprestasi, ini Nama dan Tempat Kuliahnya

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Ust. Muzakkir Zulkifli menyampaikan, even ini agenda rutin Dayah Insan Qurani yang digagas oleh Organisasi Santri Dayah Insan Qur’ani (OSDIQ) dan tidak memungut biaya pendaftaran.

“Classic ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh santri Insan Qurani untul siswa-siswi se-Aceh (offline) dan juga se-Indonesia (online) berlomba diberbagai bidang (religion, art, sport, science & education) sekolah-sekolah di Aceh dan dan tidak memungut biaya pendaftaran,” ujar Ust Muzakkir.

Ia juga mengatakan acara ini dilaksanakan dengan kontribusi bersama dari wali santri dan juga pihak donatur lainnya.

Baca Juga:   UTU Gelar Festival Bahasa 2024, Puluhan Mahasiswa Mendaftar

“Terimakasih kepada santri Dayah Insan Qurani, khususnya panitia Classic yang telah bahu membahu menyukseskan kegiatan ini. Alhamdulillah tahun ini ada ribuan peserta, tentu ini sebuah kemajuan yang luar biasa, bahkan ada peserta dari luar Aceh, tentu semua ini juga karena dukungan para Asatidz Dayah IQ,” tutup Ust. Muzakkir.

Hadir pada pembukaan Kegiatan Tersebut, Pengurus Yayasan Dayah IQ, unsur Dinas Pendidikan, Dinas Pendidikan Dayah, Kabid Kanwil Kemenag Aceh dan sejumlah tamu undangan lainnya.