18 Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

Tanda motor harus segera ganti oli
Foto: istimewa

Banda Aceh – Berkendara adalah kegiatan yang sangat penting bagi banyak orang, tetapi juga dapat menjadi aktivitas yang berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk memastikan keselamatan Anda dan orang lain di jalan raya, ada beberapa tips berkendara yang aman dan tidak melanggar lalu lintas yang perlu diikuti.

Berikut 18 tips berkendara aman seperti dirangkum selagi.id dari berbagai sumber:

1. Patuhi aturan lalu lintas

Aturan lalu lintas dirancang untuk menjaga keamanan dan kenyamanan semua pengguna jalan raya. Pastikan Anda memahami dan mengikuti semua aturan lalu lintas, termasuk batas kecepatan, tanda-tanda lalu lintas, dan lampu lalu lintas.

2. Gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman adalah fitur keselamatan yang sangat penting dalam kendaraan. Pastikan Anda selalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, baik sebagai pengemudi atau penumpang.

Baca juga: Pj Gubernur Ikut Konvoi Bareng Peserta Aceh Vespa Festival 2023 

3. Hindari mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang

Mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang dapat sangat berbahaya dan melanggar hukum. Jangan pernah mengemudi jika Anda merasa mabuk atau terpengaruh oleh obat-obatan terlarang.

4. Jangan menggunakan ponsel saat mengemudi

Menggunakan ponsel saat mengemudi dapat sangat mengganggu dan berbahaya. Pastikan Anda selalu fokus pada jalan raya dan tidak menggunakan ponsel saat mengemudi.

Baca Juga:   Putaran Ekonomi di Bhayangkara Fest 2023 Rp 30 Miliar

5. Periksa kendaraan secara rutin

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin. Ini termasuk memeriksa rem, lampu, ban, dan sistem lainnya yang penting untuk keselamatan berkendara.

6. Gunakan lampu saat berkendara di malam hari atau kondisi cuaca buruk

Ketika berkendara di malam hari atau kondisi cuaca buruk, pastikan Anda menggunakan lampu kendaraan untuk membantu Anda melihat jalan raya dan membantu pengemudi lain melihat Anda.

7. Hindari mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan lain

Pastikan Anda selalu menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan lain di jalan raya. Ini akan memberi Anda waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi sesuatu.

Baca juga: ASN Banda Aceh Dilarang Nongkrong di Warkop saat Jam Kerja

8. Tetap tenang dan sabar saat mengemudi

Tetap tenang dan sabar saat mengemudi dapat membantu mengurangi stres dan membuat Anda lebih fokus pada jalan raya. Ini juga dapat membantu mencegah Anda melakukan tindakan impulsif atau berbahaya.

9. Gunakan lampu sein dengan benar

Lampu sein adalah alat yang sangat penting dalam berkendara karena membantu pengemudi lain mengetahui arah yang akan Anda ambil. Pastikan Anda selalu menggunakan lampu sein dengan benar dan memberi tahu pengemudi lain tentang rencana Anda.

10. Hindari mengemudi terlalu cepat

Baca Juga:   Pertalite Lenyap Tahun Depan, ini Penggantinya

Mengemudi terlalu cepat dapat sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan Anda selalu mematuhi batas kecepatan dan mengemudi dengan aman dan hati-hati.

11. Perhatikan kondisi jalan

Kondisi jalan dapat berubah-ubah dan mempengaruhi cara Anda berkendara. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi jalan, termasuk lubang atau kerikil yang dapat mengganggu kendaraan Anda.

12. Hindari mengemudi saat lelah atau mengantuk

Mengemudi saat lelah atau mengantuk dapat sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda merasa lelah atau mengantuk saat berkendara, sebaiknya berhenti dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

13. Jangan menyalip di tempat yang tidak aman

Menyalip kendaraan lain dapat sangat berbahaya jika dilakukan di tempat yang tidak aman. Pastikan Anda selalu menyalip kendaraan lain di tempat yang aman dan sesuai dengan aturan lalu lintas.

14. Hindari mengemudi saat cuaca buruk

Mengemudi saat cuaca buruk seperti hujan atau salju dapat sangat berbahaya. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi cuaca dan menghindari mengemudi jika kondisi cuaca terlalu buruk.

15. Tetap waspada terhadap pengemudi lain

Pengemudi lain dapat menjadi faktor yang tidak dapat diprediksi dalam berkendara. Pastikan Anda selalu waspada terhadap pengemudi lain dan siap untuk bereaksi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

16. Jangan memaksa kendaraan

Memaksa kendaraan untuk bekerja di luar kemampuannya dapat sangat berbahaya dan merusak kendaraan Anda. Pastikan Anda selalu mengemudikan kendaraan dengan aman dan sesuai dengan kemampuannya.

Baca Juga:   Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Runtuhnya RS Regional Aceh Tengah

17. Hindari mengemudi saat emosi tidak stabil

Mengemudi saat emosi tidak stabil seperti marah atau sedih dapat sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan Anda selalu menjaga emosi Anda dan menghindari mengemudi jika emosi Anda tidak stabil.

18. Selalu siapkan diri sebelum berkendara

Sebelum berkendara, pastikan Anda telah siap secara fisik dan mental. Ini termasuk memastikan Anda dalam kondisi sehat, memiliki waktu yang cukup untuk perjalanan, dan siap untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di jalan raya.

Dengan mengikuti tips berkendara yang aman dan tidak melanggar lalu lintas ini, Anda dapat membantu menjaga keselamatan Anda dan orang lain di jalan raya. Selalu ingat untuk mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan sabuk pengaman, dan tetap fokus pada jalan raya.