Gerhana Bulan Diprediksi Terjadi 29 Oktober, Kemenag Aceh Ajak Warga Salat Khusuf 

Gerhana bulan diprediksi terjadi Minggu (29/10/2023).
Kakanwil Kemenag Aceh Azhari

Banda Aceh – Gerhana bulan sebagian (GBS) diprediksi akan terjadi pada Minggu, 29 Oktober 2023 atau bertepatan dengan 14 Rabiulakhir 1445 H.

Menghadapi fenomena alam tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Azhari mengajak umat Islam untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf.

“InsyaAllah pada Minggu, 29 Oktober 2023 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan, termasuk kita di Aceh,” kata Azhari 27 Oktober 2023.

“Bagi yang ingin melaksanakan salat sunnah gerhana atau khusuf Al-qamar dapat dilakukan pada rentang waktu 02.35 WIB sampai dengan 03.52 WIB dini hari,” tambah Azhari.

Baca Juga:   Truk Trado Kecelakaan di Aceh Singkil, 3 Orang Tewas 

Bagi umat Islam, Azhari juga mengajak untuk memperbanyak istighfar, takbir sedekah dan bentuk-bentuk ketaatan lainnya dalam rangka mengagungkan kebesaran Allah.

Azhari juga mengingatkan agar tidak mengaitkan gerhana bulan dengan kematian, musibah atau hal-hal buruk lainnya karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah.

Di Aceh fase sebagian gerhana dimulai pukul 02.35 WIB dan akhir fase sebagian terjadi pada pukul 03.52 WIB.

Baca Juga:   Promosi Judi Online di Medsos, Selebgram Nagan Raya Ditangkap Polisi

Pada saat kontak gerhana sebagian, keadaan bulan yang sebelumnya purnama penuh akan berkurang sedikit demi sedikit sehingga akan membentuk irisan hitam di sebagian piringan bulan, dan kemudian cahaya akan kembali sempurna seperti bulan purnama.

Irisan gerhana bulan sebagian tersebut hanya terjadi 6% dari keseluruhan piringan bulan purnama. Waktu untuk terjadi irisan gerhana bulan tersebut sekitar 1 jam 19 menit dimulai dari pukul 02.35 WIB sampai dengan 03.52 WIB.

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang akan melakukan pengamatan gerhana di Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh dengan menggunakan beberapa teleskop astronomi.