9 Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tanda motor harus segera ganti oli
Foto: istimewa

Banda Aceh – Motor matic adalah salah satu jenis motor yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah digunakan, motor matic juga memiliki keunggulan dalam hal kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

Dirangkum selagi.id, seperti halnya kendaraan lainnya, motor matic juga membutuhkan perawatan yang baik agar tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat motor matic agar tidak cepat rusak:

1. Rutin melakukan servis berkala

Servis berkala sangat penting untuk menjaga performa motor matic tetap prima. Servis berkala meliputi penggantian oli, filter oli, filter udara, serta pengecekan komponen-komponen penting lainnya seperti rem, ban, dan sistem kelistrikan. Lakukan servis berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pabrik.

Baca juga: 18 Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

2. Menggunakan oli yang sesuai

Pemilihan oli yang tepat sangat berpengaruh pada kinerja mesin motor matic. Pastikan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik atau oli dengan spesifikasi yang sama dengan yang direkomendasikan oleh pabrik. Jangan menggunakan oli yang tidak sesuai karena dapat merusak mesin.

Baca Juga:   Warga Banda Aceh Diimbau Tak Rayakan Malam Tahun Baru

3. Memperhatikan kondisi ban

Ban adalah salah satu komponen penting pada motor matic. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ban, termasuk tekanan udara di dalamnya. Gunakan ban yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrik.

4. Membersihkan bagian-bagian motor secara rutin

Membersihkan bagian-bagian motor secara rutin dapat menjaga tampilan motor tetap bersih dan terawat. Selain itu, membersihkan bagian-bagian motor juga dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel pada bagian-bagian motor.

5. Menghindari overloading

Motor matic memiliki kapasitas muatan yang terbatas. Jangan memaksakan untuk membawa barang atau penumpang melebihi kapasitas muatan yang telah ditentukan. Overloading dapat merusak suspensi dan sistem kelistrikan pada motor matic.

Baca juga: Pantau Lalu Lintas, Polisi Akan Tambah Kamera ETLE dan CCTV

Baca Juga:   Mawardi Ali Sebut Dukungan PAN untuk Prabowo Harapan Rakyat Aceh

6. Menghindari penggunaan gas yang berlebihan

Penggunaan gas yang berlebihan dapat membuat mesin motor matic bekerja lebih keras dan mempercepat ausnya komponen-komponen pada mesin. Gunakan gas secara bijak dan hindari menggeber motor dengan kecepatan yang tinggi secara terus-menerus.

7. Menjaga suhu mesin

Motor matic memiliki sistem pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas. Pastikan sistem pendingin tersebut berfungsi dengan baik dan jangan biarkan mesin terlalu panas karena dapat merusak komponen-komponen pada mesin.

8. Memperhatikan kondisi aki

Aki adalah salah satu komponen penting pada motor matic. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi aki, termasuk level air aki dan kabel-kabel yang terhubung pada aki. Jangan biarkan aki kering atau kabel-kabel yang terhubung pada aki rusak karena dapat merusak sistem kelistrikan pada motor matic.

9.Mengganti komponen yang sudah aus atau rusak

Baca Juga:   Bayi Perempuan Dibuang di Masjid Bener Meriah

Jangan biarkan komponen yang sudah aus atau rusak terus digunakan karena dapat merusak komponen-komponen lainnya pada motor matic. Ganti komponen yang sudah aus atau rusak dengan yang baru agar performa motor matic tetap prima.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, motor matic Anda akan tetap awet dan tidak cepat rusak. Selain itu, perawatan yang baik juga dapat menghemat biaya perbaikan dan memperpanjang umur motor matic Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti jadwal servis berkala dan menggunakan suku cadang yang berkualitas untuk menjaga performa motor matic tetap prima.