Tekno  

9 Tips Baterai HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Soak

Hp sesuai kebutuhan
Ilustrasi HP. (Foto: pinterest)

Banda Aceh – Baterai merupakan salah satu komponen penting dari sebuah smartphone. Tanpa baterai, smartphone tidak akan dapat digunakan. Namun, baterai smartphone memiliki masa pakai yang terbatas. Semakin sering digunakan, maka baterai akan semakin cepat habis dan bahkan bisa rusak.

Oleh karena itu, penting untuk merawat baterai smartphone agar tetap tahan lama dan tidak cepat soak. Berikut ini adalah beberapa tips baterai HP tahan lama dan tidak cepat soak yang dirangkum selagi.id:

1. Jangan mengisi daya hingga penuh

Banyak orang yang menganggap bahwa mengisi daya hingga penuh akan membuat baterai lebih tahan lama. Namun, hal ini justru keliru. Mengisi daya hingga penuh dapat merusak baterai dan membuat baterai menjadi cepat soak.

Sebaiknya, isi daya baterai hingga 80%. Jika baterai sudah mencapai 80%, maka Anda bisa mencabut chargernya.

Baca juga: 5 Tips Nagih Utang yang Efektif dan Bijak

Baca Juga:   9 Tips Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak yang Perlu Kamu Tahu

2. Jangan mengisi daya terlalu lama

Selain mengisi daya hingga penuh, mengisi daya terlalu lama juga dapat merusak baterai. Sebaiknya, jangan mengisi daya baterai selama lebih dari 24 jam.

Jika Anda tidak menggunakan smartphone, maka sebaiknya matikan atau masukkan mode pesawat. Hal ini akan membantu menghemat baterai.

3. Gunakan charger original

Menggunakan charger original akan membantu menjaga kesehatan baterai. Charger original akan memberikan arus dan tegangan yang sesuai dengan spesifikasi baterai.

Sebaiknya, hindari menggunakan charger KW atau charger dari merek lain. Charger KW atau charger dari merek lain dapat merusak baterai.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menguras baterai. Oleh karena itu, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Anda bisa menutup aplikasi di latar belakang dengan cara menekan tombol Recent Apps dan kemudian menggeser aplikasi yang ingin ditutup.

Baca Juga:   Tentang AI yang Harus Diketahui: Kegunaan dan Contoh Penggunaannya

Baca juga: 9 Tips Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak yang Perlu Kamu Tahu

5. Kurangi kecerahan layar

Layar merupakan salah satu komponen yang paling boros baterai. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kecerahan layar jika memungkinkan.

Anda bisa menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda berada di dalam ruangan, maka Anda bisa mengurangi kecerahan layar.

6. Gunakan mode hemat daya

Mode hemat daya akan membantu menghemat baterai dengan cara mengurangi kinerja dan fitur-fitur tertentu pada smartphone.

Anda bisa mengaktifkan mode hemat daya dengan cara membuka Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Daya.

7. Periksa kesehatan baterai

Anda bisa memeriksa kesehatan baterai dengan cara membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Jika kesehatan baterai sudah menurun, maka Anda bisa mengganti baterai.

Baca Juga:   Ziarahi Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkeung, Iswanto Janji Akan Jadikan Cagar Budaya

8. Hindari suhu yang ekstrem

Suhu yang ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat merusak baterai. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan smartphone di tempat yang bersuhu ekstrem.

9. Ganti baterai jika sudah lawas

Baterai smartphone memiliki masa pakai yang terbatas. Setelah digunakan selama beberapa tahun, baterai akan semakin menurun performanya.

Jika baterai sudah mulai menurun performanya, maka sebaiknya ganti baterai. Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka Anda dapat membantu menjaga baterai smartphone agar tetap tahan lama dan tidak cepat soak.