Wisata  

Kadisbudpar Aceh Tinjau Pemugaran Makam Pocut Meurah Intan

makam Pocut Meurah Intan
Foto: Disbudpar Aceh

Blora – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, berkunjung ke Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa, (28/11/2023).

Kunjungan ini dalam rangka berziarah sekaligus meninjau langsung progres pembangunan penataan (pemugaran) makam Pocut Meurah Intan, serta bertemu Bupati Blora Arief Rohman untuk membahas soal pengajuan gelar sebagai pahlawan nasional.

“Kedatangan ke sini (Blora), dalam rangka melihat progres pembangunan makam yang sudah dianggarkan oleh Pemda Aceh. Jika memang ada hal lain ingin disampaikan, kami menunggu dengan surat resmi, apa yang perlu dibenahi lagi dan tentu pembenahan ini kalau bisa kita (laksanakan) bersama-sama,” ujar Almuniza.

Baca Juga:   5 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Berwisata

“Dan, termasuk makam-makam keluarga besar Pocut Meurah intan yang ada di Blora. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada bupati Blora yang menerima dengan baik dan telah menugaskan SKPD maupun OPD untuk melakukan kordinasi lebih intens dengan Pemda,” ucapnya kembali.

Terakhir, pihaknya juga berharap kembali bahwa kolaborasi antara Pemerintah Aceh dengan Pemprov Jateng terus terjalin dan khususnya Pemkab Blora.

“Alhamdulillah Pemkab Blora, perhatian terhadap makam syuhada Aceh Pocut Meurah intan. Kita berharap ada kolaborasi antara Pemda Aceh dan Pemerintah Jawa Tengah terutama Pemkab Blora untuk terus mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai dukungan Pocut Meurah Intan diakui negara sebagai pahlawan nasional,” kataya.

Baca Juga:   9 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Wisata di Aceh

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh telah menunaikan janjinya untuk memugar makam Pocut Meurah Intan di Kabupaten Blora. Sebagaimana diketahui, pemugaran makam pahlawan Pocut Meurah Intan sudah direncanakan sejak tahun 2022 saat delegasi Pemerintah Aceh berkunjung ke Blora.

Pemugaran makam pahlawan Aceh tersebut telah selesai dan terlaksana dengan baik berkat kerja sama antara Pemerintah Aceh dengan Pemkab Blora. Pemugaran dilakukan guna menjaga dan upaya melestarikan bukti sejarah, serta untuk menciptakan kenyamanan bagi peziarah ke makam Pocut Meurah Intan, pejuang asal Aceh yang sangat berjasa mempertahankan kemerdekaan NKRI.