Wisata  

Sudah Tersedia Air Bersih, Liburan ke Pulau Rubiah Kini Makin Nyaman

Pulau Rubiah

Sabang – Pemasangan pipa distribusi air bersih dari Tugu Garuda Iboih menuju Pulau Rubiah telah selesai dikerjakan dan telah melalui proses uji coba (commissioning test). Kini pelancong bisa menikmati air bersih di objek wisata snorkeling itu dengan nyaman dan lancar.

“Hari ini Dinas PUPR Kota Sabang bersama PDAM Tirta Aneuk Laot melakukan uji coba instalasi pipa air bersih. Insyaallah Pulau Rubiah yang bertahun tahun tidak ada air bersih, sekarang sudah tersedia,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Minggu (21/1).

Instalasi air bersih ini merupakan upaya Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam meningkatkan sarana dan prasarana objek wisata di Pulau Weh, demi memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga:   Ziarahi Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkeung, Iswanto Janji Akan Jadikan Cagar Budaya

“sejauh ini tekanan air lancar dan kita harapkan tidak ada masalah. Jika tidak ada kendala kita pastikan pasokan air bersih ke pulau Rubiah lancar dan bisa dinikmati wisatawan mulai minggu ini” tambahnya.

Hal serupa turut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kota Sabang, Lukmanul Hakim bahwa pihaknya bersama PDAM Tirta Aneuk Laot telah melakukan uji coba pada jaringan pipa distribusi air bersih, yang mana sejauh ini berjalan dengan lancar.

“Pipa Air bersih di Pulau Rubiah sudah difungsikan, dan telah selesai kita uji dari tangki atas yang ditempatkan di Tugu Garuda, menuju tangki air yang sudah kita bangun di Pulau Rubiah, juga menuju pipa pipa yang ada di pulau rubiah. Alhamdulillah air telah mengalir dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga:   Pemerintah Aceh Optimis PKA-8 Tertib dan Nyaman

Dia menjelaskan, dalam hal ini pihaknya menggunakan pipa HDPE (High Density Polythene) dengan diameter 2 inchi. Sementara untuk panjang pipa dari Tugu Garuda ke Pulau Rubiah sekitar 700 meter.

“Di Tugu Garuda kita sudah siapkan tangki penampungan air berkapasitas 50 ton, dan di Pulau Rubiah 24 ton. Masing-masing tangki kita isi penuh agar selanjutnya kita harapkan bisa berfungsi dengan baik dalam 2-3 hari ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:   Ribuan Pelajar Semarakkan Pawai Muharam di Sabang

Lukmanul Hakim menambahkan, untuk kenyamanan wisatawan, Pemerintah Kota Sabang telah membangun 2 unit toilet umum di Pulau Rubiah pada tahun 2023. Selanjutnya juga akan dibangun keran-keran tambahan dalam beberapa hari ke depan.