KMP Papuyu Kini Layani Rute Banda Aceh, Pulo Aceh, Sabang

KMP Papuyu
Foto: Dishub Aceh

Kota Jantho – Kabar menggembirakan bagi masyarakat Aceh Besar, khususnya warga Kecamatan Pulo Aceh dan tentunya para wisatawan yang berkunjung ke Aceh. Kali ini PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Fery Indonesia, bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar membuka jalur pelayaran segitiga Pelabuhan Ulee Lheue ke Lamteng (Pulo Nasi) dan Lamteng ke Balohan, Sabang.

Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh Besar, Azhari, mengatakan, rute baru ini merupakan terobosan dalam rangka meningkatkan perekenomian dan sektor wisata di Aceh Besar. Yang intinya bertujuan untuk membuka akses wisata di Pulo Aceh, terutama Pulo Nasi.

“Nantinya, para wisatawan atau pelancong bisa menikmati pesona wisata di Pulo Nasi, yang terintegrasi dengan segitiga pelancongan, Banda Aceh-Pulo Aceh dan Sabang. Atau mereka lebh dulu ke Sabang berlajut ke Pulo Nasi dan kemudian ke Banda Aceh. Sehingga tidak stagnan di satu lokasi, namun berpindah lokasi wisata dengan panorama laut dan alam yang eksotis,” tutur Iswanto.

Baca Juga:   Inflasi Aceh Lebih Rendah Dibanding Nasional

Dikatakan, keberadaan jalur segitiga yang rencananya akan mulai beroperasi, Kamis (18/01/2024) besok itu, secara langsung membuka peluang untuk terwujudnya daya ungkit ekonomi warga Pulo Aceh, karena secara langsung akan menambah peluang pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Untuk itu warga Pulo Aceh diminta memanfaatkan kesempatan hadirnya titik layanan pelayaran Banda Aceh-Lamteng-Sabang itu.

Baca Juga:   Pertalite Lenyap Tahun Depan, ini Penggantinya

“Kita berharap agar warga Pulo Aceh benar benar memanfaatkan kehadiran layanan pelayaran antarpulau tersebut, yang sejak lama kita rintis dalam upaya Pemkab untuk membuka isolasi serta juga menggerakkan potensi pemberdayaan ekonomi,” tandas Iswanto.

Dari jadwal yang ada, layanan pelayaran antara Lamteng-Balohan (PP),terdapat setiap hari. Sementara pelayanan Ulelheu-Lamteng tidak setiap hari, antara lain, Senin, Rabu, Sabtu dan Minggu.

Adapun kapal penyeberangan yang melayani rute baru itu adalah KMP Papuyu yang memang selama ini telah melayani rute reguler Ulelheu-Lamteng (PP).

Namun Iswanto juga menjelaskan, jika rute pelayaran ini dijadwalkan akan di launching tanggal 18/1/2024 besok, namun karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan untuk pelayaran perdana, maka akan ditunda untuk sementara waktu.

Baca Juga:   Jokowi Resmikan Terminal Paya Ilang Aceh Tengah

“Konfirmasi terakhir pelayaran perdana akan ditunda untuk sementara waktu, pihak ASDP akan mengkonfirmasi kembali Pemkab Aceh Besar untuk jadwal pelayaran perdana rute KM Papuyu dari Pelabuhan Lamteng ke Balohan,” ucapnya.