Wisata  

Pj Gubernur Ikut Konvoi Bareng Peserta Aceh Vespa Festival 2023 

Pj Gubernur Aceh naik vespa di festival vespa
Foto: istimewa

Banda Aceh – Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, mengikuti konvoi bersama ribuan peserta Aceh Vespa Festival 2023 yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (29/7/2023).

Rombongan vespa memulai konvoi dari Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh menuju Pantai Ujong Batee dan finis di Benteng Indrapatra, Aceh Besar.

Aceh Vespa Festival 2023 merupakan event yang digelar Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan wisata Aceh dan mendatangkan komunitas vespa dari daerah luar berkunjung ke Aceh.

Baca juga: Aceh Vespa Festival Dibuka Malam ini, Intip Keseruannya

“Peserta yang datang dari luar tentu akan mengenal Aceh lebih baik dengan segala potensinya dan tentu saja ini juga untuk membangkitkan ekonomi Aceh,” ujar Achmad Marzuki.

Baca Juga:   Vima dan Raisya The Most Popular Duwis Talk 2023

Pj Gubernur Aceh itu mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan positif anak muda tersebut. Ke depan ia berharap Disbudpar Aceh dapat terus berinovasi dalam menggelar even. Tak hanya untuk komunitas vespa, namun berbagai komunitas lainnya yang memiliki potensi menarik di Aceh.

“Bahkan pesertanya ada dari Timika, Kalimantan, Jakarta dan Medan,” sebut Pj Gubernur Aceh itu.

Baca juga: Jaboi, Destinasi Wisata Gunung Api di Sabang

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengatakan, pihaknya merangkul atau berkolaborasi dengan komunitas vespa dari penjuru Nusantara untuk ikut mempromosikan pariwisata Aceh.

Baca Juga:   Masjid Giok, Destinasi Wisata Religi di Bumi Rameune

“Melalui Aceh Vespa Festival ini, kita semua bersemangat dan ingin membuktikan kepada masyarakat luar bahwa Aceh merupakan destinasi yang aman untuk berwisata, nyaman, islami dan sangat layak dikunjungi oleh komunitas vespa (otomotif) dari Indonesia maupun mancanegara,” kata Almuniza, Kamis, 27 Juli 2023.

Almuniza menilai, tren pariwisata saat ini bukan lagi secara individu tourism. Melainkan sudah berbasis berkelompok, komunitas hingga keluarga. Umumnya, mereka tak ingin lagi melihat gedung-gedung pencakar langit, tetapi destinasi wisata alternatif yang unik, alami.

Untuk itu, Almuniza optimis, melalui festival ini akan berdampak positif dalam rangka mendukung industri pengembangan pariwisata berbasis komunitas. Apalagi, kali ini para pelaku usaha UMKM ekonomi kreatif (ekraf) turut memeriahkan Aceh Vespa Festival 2023.

Baca Juga:   Komunitas Vespa Mulai Kepincut Tur ke Aceh, Atur Jadwal ke KM 0

“Kita berharap pagelaran Aceh Vespa Festival 2023 bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Setiap event pariwisata berbasis komunitas itu pasti memiliki dampak multiflier effect yang dihasilkan ke masyarakat,” sebut Almuniza.