Wisata  

9 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata Banda Aceh
Masjid Baiturrahman Aceh (Foto: dok Pemerintah Aceh)

Banda Aceh – Banda Aceh merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan sejarah yang kaya. Kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Banda Aceh, berikut adalah 9 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi:

1. Masjid Raya Baiturrahman

Salah satu landmark terkenal di Banda Aceh adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini menjadi simbol kekuatan dan ketahanan masyarakat Aceh. Anda dapat mengunjungi masjid ini untuk menikmati keindahan arsitektur yang megah dan bersejarah.

2. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh merupakan tempat yang sangat bersejarah. Museum ini memamerkan koleksi yang menggambarkan kehancuran dan pemulihan pasca-tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Anda dapat melihat berbagai artefak dan foto-foto yang menggugah perasaan.

Baca Juga:   Selamat! Desa Wisata Iboih Sabang Pecahkan Rekor MURI dan Juara 1 ADWI 2023

3. Taman Sari

Taman Sari adalah taman yang luas dan hijau di tengah kota Banda Aceh. Di taman ini, Anda dapat berjalan-jalan santai, bermain di area bermain anak. Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk acara budaya dan konser musik.

4. Gunongan

Gunongan adalah taman bersejarah yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi para sultan Aceh dan permaisuri mereka.

5. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue adalah pantai yang tenang dan indah di Banda Aceh. Pantai ini sering dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam. Lokasi ini menjadi tempat favorit nongkrong kawula muda saat sore hari.

Baca Juga:   Parah! di Banda Aceh Mulai Ada Kelompok Gangster Bersenjata Tajam

6. Museum Aceh

Museum Aceh adalah museum yang terletak di kompleks Keraton Aceh. Museum ini memiliki koleksi yang beragam, termasuk artefak sejarah, dan seni tradisional. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Aceh di museum ini.

7. Makam Sultan Iskandar Muda

Makam Sultan Iskandar Muda adalah makam yang bersejarah dan merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Sultan Iskandar Muda, salah satu penguasa terkenal di Aceh. Makam ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi tempat ziarah bagi masyarakat Aceh.

8. Kerkoff Peucut

Kerkoff Peucut merupakan kuburan serdadu Belanda yang tewas saat melawan pejuang Aceh. Lokasi ini terletak di belakang Museum Tsunami Aceh.

Baca Juga:   Air Terjun Pria Laot Sabang Juara I API Kategori Surga Tersembunyi

9. Museum Rumah Aceh

Museum Rumah Aceh adalah museum yang memamerkan rumah tradisional Aceh. Anda dapat melihat arsitektur rumah tradisional, perabotan, dan artefak lainnya yang mencerminkan kehidupan sehari-hari masyarakat Aceh.

Jadi, itulah 9 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banda Aceh. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam dan sejarah yang ditawarkan oleh kota ini. Selamat berlibur!