7 Tempat Wisata Tsunami di Banda Aceh yang Mengharukan

tempat wisata Banda Aceh
Masjid Baiturrahman Aceh (Foto: dok Pemerintah Aceh)

Banda Aceh – Sebagai kota yang pernah dilanda bencana besar pada tahun 2004, tempat-tempat wisata di Banda Aceh tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam, tetapi juga mengandung cerita mengharukan tentang kesabaran dan kekuatan manusia dalam menghadapi musibah.

Berikut beberapa destinasi wisata tsunami seperti dirangkum selagi.id.

1. Masjid Baiturrahman

Menjadi simbol ketabahan dan keteguhan hati warga Banda Aceh, masjid ini selamat dari gelombang dahsyat tsunami dan menjadi saksi bisu atas peristiwa tragis tersebut. Wisatawan dapat menikmati keindahan arsitektur masjid yang megah dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan di sini.

Baca juga: Aceh, Surga Wisata di Ujung Barat Indonesia

Baca Juga:   Ziarahi Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkeung, Iswanto Janji Akan Jadikan Cagar Budaya

2. Masjid Baiturrahim

Terletak di kawasan pesisir Kota Banda Aceh, masjid ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah yang selamat dari amukan tsunami. Pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan saat berada di sini, serta menikmati pemandangan indah pantai Aceh yang terbentang luas.

3. Lapangan Blang Padang

Merupakan salah satu tempat berkumpul dan berolahraga bagi warga Banda Aceh. Lapangan Blang Padang telah menjadi tempat rekreasi keluarga dan sarana olahraga.

4. Museum Tsunami

Merupakan museum yang menyajikan kisah mengenai bencana besar yang melanda Aceh pada tahun 2004. Pengunjung dapat melihat koleksi benda-benda peninggalan tsunami dan lainnya. Selain itu, museum ini juga menyajikan informasi tentang pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

Baca Juga:   Pj Gubernur Ikut Konvoi Bareng Peserta Aceh Vespa Festival 2023 

5. PLTD Apung

Dulu merupakan kapal pembangkit listrik yang terdampar di tengah permukiman akibat tsunami. Kini, PLTD Apung telah diubah menjadi sebuah objek wisata yang menarik dengan pemandangan laut yang menakjubkan.

Baca juga: Masjid Giok, Destinasi Wisata Religi di Bumi Rameune

6. Kapal di Atas Rumah

Salah satu ikon paling mengharukan dari tsunami adalah kapal yang terdampar di atas rumah-rumah warga. Keberadaan kapal tersebut menjadi pengingat tentang keganasan gelombang dahsyat yang menghancurkan sebagian besar wilayah pantai.

Baca Juga:   Air Terjun Pria Laot Sabang Juara I API Kategori Surga Tersembunyi

7. Kuburan Massal

Di beberapa tempat di Banda Aceh, terdapat kuburan massal sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi ribuan korban tsunami. Tempat ini mengajak kita untuk merenung tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi cobaan.