Edu  

Rektor UIN Ar-Raniry Optimis Raih Hasil Maksimal di PKM 3 Jambi

Kontingen UIN Ar-Raniry Aceh
Foto: dok UIN Ar-Raniry

Jambi – Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman mengaku optimis kontingen UIN Ar-Raniry akan meraih hasil optimal pada Pekan Kreatif Mahasiswa (PKM) III se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara. Kegiatan itu diikuti puluhan kampus.

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) III digelar di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi secara resmi dibuka oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kementerian Agama RI, Zulfan Syarif Supriadi Hasibuan, Senin (24/7/2023).

Pembukaan perhelatan ajang dua tahunan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera Nyanyu Khodijah, para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, para Wakil Rektor dan Kepala Biro PTKIN se-Sumatera serta para perwakilan PTI se-Asia Tenggara yang hadir secara virtual.

Dalam arahannya, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kementerian Agama RI, Zulfan Syarif Supriadi Hasibuan mengapresiasi penyelengaraan PKM III yang dilaksanakan di UIN STS Jambi kali. Menurutnya pelaksanaan kali ini terasa istimewa, karena kegiatan dua tahunan ini turut diikuti oleh perwakilan peserta dari Perguruan Tinggi Islam Asia Tenggara.

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi kali ini karena ini merupakan kegiatan paling istimewa dengan hadirnya peserta dari perguruan tinggi islam Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional,” ujarnya.

Baca Juga:   Tim Malem Diwa USK Catatkan Efisiensi Energi di Shell Eco-Marathon Asia Pacific

Baca Juga: USK Masuk Empat Besar PTN dengan Capaian IKU Terbaik Nasional

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan PTKI Kemenag, Zulfan Syarif Supriadi Hasibuan saat membuka acara PKM III Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara, Senin (24/7).

Zulfan berharap penyelenggaraan PKM III ini selain menjadi ajang untuk mempersiapkan atlet guna menghadapi even nasional seperti Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) juga sebagai wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spritual dan akhlak diantara para peserta serta mengokohkan persaudaraan kebangsaan dan ke indonesiaan menuju Indonesia unggul 2045.

Terakhir, ia mengapresiasi atas kerja keras panitia sehingga perhelatan ini dapat terselenggara. “Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses,” tutup Zulpan Syarif.

Baca Juga:   1.220 Siswa se-Indonesia Ikut Event Classic VIII Dayah Insan Qurani

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg yang hadir dalam kegiatan tersebut merasa optimis bahwa kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan meraih hasil yang maksimal pada PKM III di UIN STS Jambi kali ini.

“Selamat berkompetisi, jangan lupa untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas. Semoga mendapatkan hasil terbaik dan kembali mampu mengharumkan nama UIN Ar-Raniry Banda Aceh dikancah nasional,” kata Mujib.

Baca juga: Tim Malem Diwa USK Catatkan Efisiensi Energi di Shell Eco-Marathon Asia Pacific

PKM III di Ikuti 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 PTI di Asia Tenggara

Sementara itu, dalam laporannya Ketua Panitia PKM III Dr Bahrul Ulum MA menyebutkan bahwa peserta pada PKM III kali ini tidak hanya diikuti perguruan tinggi se-Sumatera tapi juga se-asia Tenggara yaitu 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja Singapura, dan Brunei Darussalam.

Sebelumnya, ajang lomba PKM III ini digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring dengan mempertandingkan 33 cabang lomba yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1530 peserta.

Baca Juga:   Ziarahi Makam Teungku Syeh Tuan Dilungkeung, Iswanto Janji Akan Jadikan Cagar Budaya

Pelaksanaan babak penyisihan pada cabang lomba ilmiah dan seni yang sudah dimulai sejak babak penyisihan pada 20-23 Mei 2023 secara virtual melalui zoom dalam bentuk pengiriman video dan pengiriman naskah.

Sedangkan perlombaan lainnya akan dilaksanakan mulai 26-29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda. Adapun lima venue yang digunakan selama penyelenggaraan PKM III yaitu Kampus I dan Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo dan Danau Sipin Kota Jambi.