Edu  

Baitul Mal Buka Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Santri, ini Syaratnya 

Bantuan pendidikan santri
Foto: Kemenag

Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali membuka pendaftaran bantuan biaya pendidikan bagi santri pesantren/dayah di Aceh tahun 2023. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 28 Agustus hingga 1 September pukul 17.00 WIB.

Anggota Badan BMA Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Mukhlis Sya’ya, mengatakan bantuan yang bersumber dari dana zakat pada senif ibnu sabil itu diperuntukkan kepada santri yang sedang menempuh pendidikan di pesantren/dayah yang ada di Aceh. Selain itu berasal dari keluarga miskin yang berdomisili di Provinsi Aceh.

“Bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi orang tua santri dalam menyediakan kebutuhan pendidikan anaknya. Juga untuk meningkatkan motivasi belajar santri,” kata Mukhlis Sya’ya.

Baca Juga:   Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dilatih Digital Marketing 

Baca juga: Dr Amri Fatmi Berikan Motivasi dan Tips Sukses ke Santri Ruhul Qurani

Kepala Sekretariat BMA, Amirullah menambahkan kriteria mustahik untuk bantuan ini diantaranya dikhususkan bagi santri berstatus keluarga miskin, yaitu berpenghasilan dibawah 1/3 nisab zakat Rp6.900.000, yaitu sebesar Rp. 2.300.000 dan diutamakan dari dayah/pesantren tipe B, C dan non tipe.

Selanjutnya santri yang menetap di dayah (terdaftar sebagai santri aktif), bukan penerima bantuan yang sama dari Baitul Mal Aceh pada tahun 2022 dan satu KK hanya untuk 1 orang penerima.

Baca Juga:   3 Alumni Dayah Insan Qurani Raih Penghargaan Pemerintah Aceh

Selain itu berusia maksimal 20 tahun (kelahiran tahun 2003). Santri aktif pada dayah/pesantren yang terdaftar resmi pada Badan Dayah Kabupaten/Kota atau instansi terkait lainnya.

“Adapun kelengkapan administrasinya adalah surat keterangan kurang mampu dari desa/dayah, surat keterangan akreditasi dayah/pesantren, surat keterangan aktif santri, fotocopy Kartu Keluarga dan fotokopi KTP (jika ada),” kata Amirullah.

Baca juga: Polantas Cari Solusi Turunkan Angka Kecelakaan di Aceh

Ia menambahkan pendaftaran dilakukan secara online via google form dengan link bit.ly/santribma2023. Pendaftaran bantuan tersebut terbuka untuk seluruh santri yang memenuhi syarat dan setiap bantuan dari BMA tidak dikenakan biaya apapun.

Baca Juga:   Perempuan Diminta Jadi Motor Penggerak Antikorupsi dari Keluarga

“Dikarenakan pendaftarannya secara online, tanpa harus ke kantor BMA maka kami berharap akan banyak santri yang mau mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut silakan mengunjungi Website Baitul Mal Aceh dan akun media sosial resmi Baitul Mal Aceh,” pungkas Amirullah.