Pertamina Ajak Konsumen Pakai BBM Berkualitas Lewat Perta Mangrove

Perta manggrove Pertamina

Banda Aceh – Sebagai BUMN yang mendukung komitmen pemerintah dalam percepatan pemulihan lingkungan, Pertamina meluncurkan Program Spiritual Marketing dengan tema Perta Mangrove. Melalui program ini, Pertamina mengajak konsumen setia Pertamax Series dengan MyPertamina untuk ikut serta membangun hutan dan konservasi mangrove di Aceh.

Sales Branch Manager 1 Aceh Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Muhammad Yoga Prabowo mengatakan, setiap transaksi Pertamax Series via aplikasi MyPertamina, konsumen turut menyumbangkan Rp19 per liter dari dana tersebut untuk menghasilkan perubahan positif lingkungan di hutan mangrove Aceh.

“Perta Mangrove ini merupakan bagian dari edukasi untuk mengajak konsumen agar menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas yaitu Pertamax dan Pertamax Turbo dan penggunaan cashless dengan MyPertamina. Dengan begitu konsumen akan menyumbang Rp19 per liter untuk hutan mangrove Aceh,” ujar Yoga.

Baca Juga:   Cadangan Gas Baru Ditemukan di Aceh Utara

Ia menjelaskan, program ini berlaku di seluruh SPBU di wilayah Aceh dan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober, 26 November dan 20-24 Desember 2023. Kemudian dalam peringatan Tsunami Aceh ke-19, Pertamina akan melaksanakan penanaman bibit mangrove bersama Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya pada 26 Desember mendatang.

“Jadi penanaman bibit mangrove ini berbarengan dengan peringatan tragedi Tsunami Aceh yang ke-19. Targetnya kita ingin tanam 19 ribu bibit, 10 ribu bibit mangrove ditanam di Lampulo Banda Aceh dan 9 ribu tumbuhan lainnya di Tahura Saree,” katanya.

Dalam Perta Mangrove ini, Pertamina mengajak masyarakat untuk mengurangi jejak karbon, melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati. Sebelumnya, kegiatan peluncuran Program Perta Mangrove dilaksanakan di SPBU Lamsayeun, Aceh Besar pada Kamis (26/10). Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, A Hanan dan Ketua Hiswana Migas Aceh, Nahrawi Noerdin.

Baca Juga:   Warga Aceh Besar Bisa Beli LPG 3 Kg Rp 18 Ribu di Tanggal ini, Catat Lokasinya

“Mari sama-sama kita bergerak dengan Pertamina untuk mengatasi perubahan iklim, mengurangi jejak karbon di lingkungan serta melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati dengan keadaan hutan mangrove yang terjaga dan terus melakukan penanaman bibit yang lebih luas untuk menikmati hidup sehat di Aceh yang lebih hijau,” jelas Yoga.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, A Hanan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi program kegiatan Perta Mangrove yang dilaksanakan oleh Pertamina tersebut. Program penanaman mangrove ini sangat strategis untuk menyerap emisi karbon, mencegah erosi dan mengurangi dampak tsunami.

Baca Juga:   Hiswana Migas Pastikan Stok BBM di SPBU Kembali Normal Hari ini

“DLHK sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan Pertamina ini. Mangrove bisa menyerap karbon itu bisa enam kali lipat dibanding dengan hutan biasa,” ucap A Hanan.

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.